SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Parepare, memasuki hari kelima, Selasa, 28 Januari 2020.

Beragam aspirasi yang muncul. Di antaranya soal bantuan usaha. Sekretaris Bappeda Parepare yang menjadi Koordinator Tim I, Zulkarnaen dalam Musrenbang di Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, mengingatkan bahwa bantuan usaha itu untuk merangsang masyarakat meningkatkan pendapatannya yang berujung pada peningkatan kesejahteraan.

Itu sejalan dengan tema Musrenbang yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan layanan publik.

“Tema Musrenbang sebenarnya adalah peningkatan pendapatan, pemerataan pendapatan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Zulkarnaen di hadapan para peserta Musrenbang.

Zulkarnaen menekankan, dengan bantuan usaha yang diberikan, masyarakat diharapkan tingkatkan kualitas produksinya.

“Jualannya yang tadinya sederhana menjadi lebih menarik. Ada kemasannya supaya kelihatan cantik. Intinya bagaimana masyarakat memanfaatkan bantuan itu untuk meningkatkan pendapatannya, sehingga pada saatnya nanti tidak lagi bergantung sama bantuan,” imbuh Zulkarnaen.

Lewat bantuan usaha itu, Zulkarnaen menantang masyarakat untuk menyatakan tidak lagi miskin. Keluar dari kemiskinan berkat usaha bantuan dari pemerintah.

Termasuk soal Basis Data Terpadu (BDT) yang menjadi rujukan pemerintah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat dibahas dalam Musrenbang.

Menurut Zulkarnaen, BDT ini harus disosialisasikan lebih intens, karena ada 18 lurah baru, dan ketua RT, ketua RW yang baru saja terpilih.

“BDT harus disosialisasikan. Harus diberi pemahaman kepada masyarakat. Dinas Sosial harus lakukan sosialisasi. Semua camat dan lurah harus diundang untuk sosialisasi BDT, agar informasinya jelas sampai ke masyarakat,” harap Zulkarnaen.

Musrenbang hari kelima selain di Mallusetasi juga berlangsung di Kelurahan Watang Soreang, Kecamatan Soreang, dan Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat.

Hari keenam, Rabu, 29 Januari 2020, merupakan hari terakhir Musrenbang tingkat kelurahan. Musrenbang hari keenam akan berlangsung di Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kelurahan Kampung Pisang, Kecamatan Soreang, dan Kelurahan Bukit Harapan, Kecamatan Soreang. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here