SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan (Disdag) merelokasi ratusan pedagang untuk menempati Pasar Rakyat Lakessi yang baru saja dibangun.

Proses relokasi sekaligus menata pedagang sesuai dengan jenis jualannya. Pedagang dibagi, ada yang menempati los khusus pangan basah dan pangan kering.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, pemindahan para pedagang ini adalah mereka yang terkena dampak relokasi saat Pasar Rakyat Lakessi dibangun.

Jadi hari ini kita pindahkan kembali berdasarkan data itu dengan rincian yaitu pedagang basah sebanyak 110 los, pedagang kering 176 los, dan kios sebanyak 27. Jadi keseluruhannya sebanyak 313 yang merupakan kios dan los pangan basah dan pangan kering,” ungkap Hasan. (14/10/2020).

Hasan mengemukakan, relokasi pedagang dan ditata sesuai jenis jualan agar pasar sentral di Parepare ini lebih rapi dan bersih tidak terkesan semrawut.

“Ini sesuai harapan Bapak Wali Kota agar masyarakat pedagang ini betul-betul dikawal hingga kembali menempati tempat hak mereka yang telah ditata,” tegas Hasan.

Meski demikian, kata dia, masih ada beberapa pedagang yang belum tercover karena kapasitas los masih terbatas. Namun Pemkot mengupayakan ke depan tidak ada lagi pedagang yang tidak terakomodir los maupun kios.

Hasan menambahkan, proses pendataan dan registrasi pedagang ditarget 2 hari, dan akan diupayakan relokasi rampung secepat mungkin.

“Untuk menjamin tidak ada tebang pilih atau keberpihakan dalam proses relokasi dan penempatan los, pedagang akan diundi. Mereka akan menempati los dan kios sesuai hasil undian,” tandas Hasan yang juga Kepala Dinas Sosial Parepare.

Di tempat lain, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengapresiasi dan bersyukur. Dengan begitu kata dia tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

“Yang jelas pemerintah kota menjamin keamanan dan kenyamanan pasar. Ada pengelola dan KKP. Kami juga harap kebersihan pasar dijaga,” ingat Taufan.

Taufan Pawe menjelaskan, pemerintah itu bukan hanya identik pada eksekutif dan legislatif.

“Namun pemerintahan itu semua harus terlibat di dalamnya. Semua masuk dalam sistem. Maka itu kebersamaan harus terus dijaga demi mewujudkan cita-cita bangsa yakni mensejahterakan rakyat,” tegas Taufan Pawe.

Taufan Pawe berharap, masyarakat berdoa dan mendukung pemerintah dalam menjalankan program yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Termasuk pembangunan Pasar. Itu tidak lepas dari dukungan masyarakat selama ini,” tandas Taufan Pawe. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here