SmartnewsCelebes.com, Parepare – Mengutamakan keselamatan pasien sudah menjadi motto pihak menagemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare.

Pedoman utama itu sebagai pendorong seluruh instrumen pihak menagemen rumah sakit tipe B tersebut dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Termasuk unit pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Di RS Andi Makkasau sendiri, layanan dan tindakan medis pada unit khusus yang menangani pasien emergensi tersebut terus ditingkatkan.

Hal itu dikatakan Kepala bidang keperawatan dan penunjang pelayanan RS Andi Makkasau Parepare, Hj. Sry Ummi Wahyuni. Senin, (8/11/2021).

“Sistem pelayanan dan tindakan medis pada unit IGD terus kami tingkatkan. Mengutamakan keselamatan pasien menjadi hal yang utama. Proaktif melakukan koordinasi dengan semua perangkat terkait termasuk dokter demi mempercepat penanganan pasien,” terang Sry Umi.

Di samping itu, kata dia, IGD RS Andi Makkasau Parepare sejauh ini juga mengembangkan fasilitas seperti kelengkapan peralatan medis dan insfratruktur sebagai penunjang.

Rumah sakit itu sudah memiliki IGD Ponek. PonekĀ adalah pelayanan obstetri neonatal esensial/emergensi komperhensif. Dimana tujuan utama IGD itu mampu menyelamatkan ibu dan anak baru lahir.

“Perlengkapan alat medis, insfratruktur berupa ruang perawatan kita kembangkan sesuai standar pelayanan IGD. Kita sekarang sudah memiliki IGD Ponek, yang itu khusus menangani ibu melahirkan,” ungkapnya.

Di tempat lain, Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare, Hj. dr. Renny Anggraeny Sari menegaskan, sudah menjadi tanggungjawab menagemen Rumah Sakit Andi Makkasau memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat.

Tenaga kesehatan pada seluruh unit layanan di Rumah Sakit rujukan tersebut, kata Renny, berkomitmen menjadikan prinsip mengutamakan keselamatan pasien itu bukan hanya slogan tapi aktualisasi.

“Sejak awal kami berkomitmen melakukan pelayanan dengan prinsip mengutamakan keselamatan pasien. Komitmen itu kita perkuat melalui penandatanganan pakta integritas. Kami melaksanakan tindakan penanganan sesuai dengan standar medis,” ungkap Renny.

Renny mengaku bersyukur karena sistem pelayanan kesehatan di RS Andi Makkasau dari tahun ketahun mengalami peningkatan signifikan.

Reformasi sistem yang telah dilakukan menagemennya melahirkan berbagai inovasi demi menjamin hak dasar masyarakat dalam bidang pelayanan kesehatan di Parepare.

Diketahui, tidak sedikit inovasi rumah sakit itu mendapat pengakuan dari lembaga kesehatan baik regional maupun nasional. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here