SmartnewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare, melalui, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda),  melaksanakan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2022, Senin (15/2/2021), dilaksanakan Ruang Pola Kantor Walikota.

Kegiatan dibuka Wakil Wakil Wali Kota Pangerang Rahim, di dampingi Sekretaris Daerah Iwan Asaad, dan hadir para asisten, pimpinan SKPD, Camat dan Lurah.

Pangerang Rahim dalam sambutan Walikota yang dibacakannya menyampaikan, pelaksanaan konsultasi publik dan pembahasan rancangan RKPD betul-betul harus sesuai kesepakatan bersama dari dari berbagai pihak, serta hasil rancangannya disesuaikan dengan Visi dan Misi Kota Parepare.

Paradigma perencanaan pembangunan dan penganggaran di Kota Parepare kata Pangerang, perlu terus ditingkatkan, hal itu disebabkan tuntutan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan publik secara transpran dan memenuhi prinsip akuntabilitas publik, sehingga nantinya hasil perencanaan juga dapat meningkatkan kesehateraan masyarakat.

“Perencanaan pembangunan yang baik, tentunya juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif melalui pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, dan layanan publik,” paparnya

Sementara itu, Kepala Bapeda Syamsuddin Taha menjelaskan, Konsultasi Publik Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta tata cara perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah, dibahas berdasarkan undang-undang yang telah diatur.

“Pasal 80 ayat (1) mengamanahkan bahwa, rancangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah, dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik untung menampung aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran, dan program pembangunan daerah, guna penyempurnaan awal RKPD,” jelas Syamsuddin Taha, yang juga Plt. Kadis PUPR. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here