SmartnewsCelebes.Com, Parepare – Wali Kota Parepare, HM. Taufan Pawe terus berupaya menekan penyebaran Covid-19.

Kali ini Taufan Pawe mengajak masyarakat yang pernah positif covid 19 untuk menjadi pendonor Plasma Plasma Konvalesen atau yang lebih dikenal dengan istilah Penyintas.

Taufan Pawe mengaku bersyukur RS A Makkasau Parepare kini memiliki Apheresis.

Alat itu merupakan alat untuk melakukan Donor Plasma Konvalesen. Mengingat alat ini untuk Sulawesi Selatan hanya berada di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, RS Tajuddin Chalid, dan RS Andi Makassau Parepare.

Untuk itu, Wali Kota Parepare dua periode ini mengajak seluruh masyarakat yang masuk syarat kategori agar bersedia melakukan Donor Plasma Konvalesen. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Bagi sahabat dan masyarakat yang bersyarat menjadi Pendonor Plasma, alat Apheresis sudah tersedia RSUD Andi Makkasau Parepare, kami siap untuk memberikan pelayanan. Mari membantu sesama kita,” papar Taufan Pawe. (23/1/2021).

Sebelumnya, Dirut RSUD Andi Makkasau Parepare, dr Renny Anggraeny mengatakan secara sederhana terapiĀ plasma konvalesenĀ bisa dipahami sebagai transfer antibodi antara penyintas suatu infeksi kepada orang yang sedang menghadapi infeksi.

Dia menjelaskan, terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.

“Dalam hal Covid-19, acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi yang kemudian disimpan dalam plasma darahnya. Plasma penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona,” jelasnya. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here