SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Dewi Murwaningrum bersama rombongan menjadi tamu istimewa bagi Pemerintah Kota Parepare.

Dewi Murwaningrum bersama rombongan hadir di Parepare, menjajaki beberapa agenda terutama untuk membangun kerja sama dengan Museum BJ Habibie yang sebentar lagi beroperasi di Parepare.

Sekretaris Daerah Kota Parepare H Iwan Asaad yang menerima Dewi Murwaningrum dan rombongan mengungkapkan, pada prinsipnya Museum Kepresidenan Balai Kirti ingin membangun kerja sama dengan Museum BJ Habibie ke depan.

“Termasuk beberapa kegiatan Balai Kirti siap ditempatkan di Kota Parepare saat acara peresmian atau soft opening nantinya seperti pameran, seminar terkait museum yang dilakukan secara virtual atau bukan virtual. Tergantung situasi pandemi,” ungkap Iwan Asaad. (21/11/2020).

Selain melirik Parepare untuk event nasional, Balai Kirti, kata Iwan, juga siap membina Museum BJ Habibie. Ketertarikan itu karena Museum BJ Habibie adalah Museum Kepresidenan Pertama di Indonesia yang dikelola oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemkot Parepare.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare Arifuddin Idris yang mendampingi Sekda menerima rombongan menambahkan, Balai Kirti juga mengapresiasi tinggi pembangunan Museum BJ Habibie. “Dan berencana melakukan pameran pada Museum BJ Habibie jika sudah beroperasi,” ujar Arifuddin.

Sebelumnya pada momen ulang tahun ke-6 Museum Kepresidenan Balai Kirti, Parepare mendapat kehormatan dengan diundangnya Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe hadir menjadi berbicara dalam Web Seminar Nasional yang diadakan Museum Kepresidenan Balai Kirti di Hotel Grand Savero, Kota Bogor.

Taufan Pawe didapuk berbicara tentang Pendirian Museum BJ Habibie di Parepare: Upaya Pelestarian Karakter Bangsa Melalui Pemikiran Tokoh BJ Habibie dalam Webinar yang disiarkan live zoom itu.

Pilihan kepada Taufan Pawe, karena tahun ini Pemkot Parepare mendirikan Museum BJ Habibie (BJH) tepat di atas lahan tempat lahir BJ Habibie di Parepare. Presiden ke-3 RI BJ Habibie lahir di Parepare menjadi pilihan museum dinamakan BJ Habibie. Selain berbagai ikonik dari nama BJ Habibie di Parepare.

“Museum sebagai wahana edukasi dan bukti sejarah perjalanan bangsa Indonesia, dan Pemerintah Kota Parepare tahun ini berkomitmen mendirikan, menghadirkan Museum BJ Habibie. Karena sesungguhnya Bapak BJ Babibie lahir di Parepare,” tandas Taufan Pawe yang juga Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here