SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Kota Parepare kembali berada dalam status rawan penyebaran Covid-19.

Itu menyusul penambahan secara signifikan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir.

Data hingga 11 Oktober 2020, ada penambahan 5 kasus baru menjadikan secara akumulasi 267 kasus positif Covid-19 di Parepare.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, Dr Hj Halwatia mengungkapkan, dari 5 kasus baru ini 3 di antaranya merupakan ASN di lingkup Pemkot Parepare.

Sementara 2 lainnya adalah kontak erat pasien terkonfirmasi positif sebelumnya.

“Iya, dari 5 tambahan positif, ada 3 orang ASN. Ini yang akan kita tracking dan kembali lakukan swab test massal di kantor masing-masing,” ungkap Halwatia, Senin Malam, 12 Oktober 2020.

Halwatia mengemukakan, hasil penelusuran kontak pasien positif yang meninggal sebelumnya menyumbang penambahan kasus terbanyak, yakni sudah 4 kasus.

“Kami masih terus melakukan penelusuran kontak. Karena teorinya kalau ada 1 yang meninggal, maka berpotensi paling sedikit 10 orang yang terpapar positif. Saat ini sudah ada 4 kami temukan positif,” beber Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare ini.

Bertambahnya kasus positif, kata Halwatia, menyebabkan angka Reproduksi Efektif (Rt) Covid-19 di Parepare, juga bergerak naik. Saat ini Rt Parepare 1,05.

Namun meski terjadi penambahan kasus, kata Halwatia lagi, pasien yang sembuh juga bertambah. Data terbaru, ada 4 pasien positif yang sembuh. Semuanya merupakan isolasi mandiri.

Sehingga secara akumulasi saat ini terkonfirmasi 267 kasus positif, 231 di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Tersisa 30 kasus aktif. Dari 30 kasus aktif, 5 orang dirawat di RS Makassar, 7 dirawat di RSUD Andi Makkasau, 5 di RS Sumantri, dan 13 isolasi mandiri.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare HM Taufan Pawe terus mengimbau masyarakatnya agar mentaati protokol kesehatan.

Wali Kota Parepare itu menyampaikan agar masyarakat lebih waspada dalam beraktivitas sehari-hari.

“Patuhi Protokol Kesehatan, mari kita tingkatkan kewaspadaan. Lindungi keluarga kita di rumah,” ingat Taufan Pawe. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here