SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Integration Mode Youth Sports And Tourism (I’M YOURS) adalah sebuah aplikasi inovasi dari Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Aplikasi digital ini memiliki vitur dimana masyarakat secara umum dapat dengan mudah mengakses informasi tentang kegiatan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisataa Kota Parepare.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare, Amarun Agung Hamka. Jumat, (25/9/2020).

“Jadi, ini adalah karya pemuda kita yang kami kembangkan menjadi sebuah inovasi. Ini bagian dari pelayanan kepada masyarakat yang sulitnya mengakses informasi dimasa pandemi. Itu lahir untuk masyarakat agar dapat dengan mudah mengakses informasi secara lengkap tentang kegiatan Disporapar, objek wisata, dan lainnya,” terang Amarun Agung Hamka.

Hamka menjelaskan, aplikasi itu juga dibuat untuk dimanfaatkan secara umum, dan difungsikan agar kegiatan kepemudaan, olahraga dan pariwisata terintegrasi.

Di dalam aplikasi itu, kata dia, dapat membuka apa kegiatan dan karya-karya pemuda yang belum dapat ditampilkan dimasa pandemi Covid-19 ini.

“Maka itu kami kembangkan lagi bagaimana mengakomodir kegiatan tersebut di aplikasi itu secara virtual. Melalui aplikasi ini pemuda dapat menampilkan karya terbaiknya untuk dinikmati masyarakat umum,” kata dia.

Mantan Kabag Humas Pemkot Parepare itu mengungkapkan, inovasi berbasis digital tersebut sementara dalam tahap proses computer programming.

Adapun event yang akan dilaksanakan Kantor Disporapar kedepan, kata dia, juga harus melalui registrasi aplikasi tersebut.

“Dengan registrasi, kita dapat mengendalikan jumlah peserta sesuai aturan protokol kesehatan,” ungkap dia.

Tak hanya karya pemuda, kata Hamka, aplikasi itu juga akan didesain agar data tentang jaminan kenyamanan, keamanan hotel dan restoran di Parepare bisa ditampilkan, itu untuk menarik wisatawan.

“Saat ini kita berupaya mendatangkan wisatawan-wisatawan nusantara. Kita harus mengetahui hotel dan restoran yang terjamin kesehatannya. Untuk itu, semuanya akan tampilkan dalam aplikasi I’M YOURS,” ungkap Hamka.

Alumni STPDN angkatan 24 itu menambahkan, aplikasi tersebut juga ddapat memantau arus pendapatan asli daerah (PAD).

“Jadi PAD juga akan terpantau melalui aplikasi ini,” tandas Hamka. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here