SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Tren penambahan kasus positif Covid-19 di Kota Parepare, masih belum berhenti.

Kemarin, Rabu, 1 Juli 2020, terkonfirmasi bertambah 2 kasus positif dari 2 klaster yang sama sehari sebelumnya.

Ironisnya, ada 2 tenaga kesehatan Parepare yang terpapar Covid-19. Keduanya adalah perempuan masing-masing inisial Ny W dan Ny M.

“Kemarin ada 1 tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19, hari ini tambah 1 lagi. Jadi ada 2 tenaga kesehatan terpapar Covid-19,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare, Dr Hj Halwatia, Kamis, (2/7/2020).

Halwatia belum memastikan bagaimana 2 tenaga kesehatan ini terinfeksi virus Corona.

“Belum jelas kami masih menelusuri. Yang jelas, 1 orang tenaga kesehatan ini bertugas di poli kartu dan 1 lagi bertugas di poli gizi,” terang Halwatia yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare.

Selain itu, hari ini, kata Halwatia, juga bertambah 1 kasus dari klaster 7 bulanan yang sehari sebelumnya sudah 4 orang terpapar Covid-19. Sehingga sudah 5 orang dari klaster 7 bulanan yang positif Covid-19.

Namun, Halwatia mengemukakan, masih menunggu hasil swab test 1 orang lagi yang memungkinkan bertambah 1 lagi klaster baru.

“Menunggu lagi besok 1 orang. Kalau positif berarti klaster ulang tahun,” beber Halwatia.

Hingga saat ini, secara keseluruhan terdata 70 warga Parepare yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari 70 itu, sudah 39 orang yang sembuh dan pulang. Sementara ada 8 orang yang dirawat di RSUD Andi Makkasau, 2 dirujuk ke RS Dadi Makassar, dan 21 mengikuti program wisata Covid-19 di Makassar.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Parepare ada 88 orang. Namun 85 di antaranya sudah sehat dan pulang, tersisa 2 yang dirawat di RS Sumantri, dan 1 wisata Covid-19 di Makassar.

Selain itu, ada 11 warga KTP luar Parepare yang positif Covid-19 pernah dan sementara dirawat di rumah sakit Parepare.

Masing-masing 1 orang saat ini dirawat di RSUD Andi Makkasau, 1 dirawat di RS Sumantri, 1 wisata Covid-19, 6 sudah sembuh dan pulang, serta 2 meninggal.

Sebelumnya, Wali kota Parepare HM Taufan yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare, menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan konsep new normal.

Taufan Pawe juga mengajak seluruh pihak memaknai dan memahami betul kebijakan era kehidupan baru ditengah wabah Covid-19.

“Jajaran saya harus jadi panutan, rutin patuhi protokol kesehatan. Mari kita maknai dan memahami betul diera kehidupan baru ini agar dapat menekan dan memutus matarantai penyebaran Covid-19,” ujar Taufan Pawe. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here