SmartNewsCelebes.Com, Parepare – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Parepare ditunjuk sebagai penyalur Kartu Tani di tiga Daerah di Area Ajatappareng, Salah satu di Kota Parepare, Senin 8 Juni 2020 bertempat di Aula Pertemuan Dinas Ketahanan Pangan, diserahkan secara simbolis Kartu Tani tahap pertama sebanyak 263 Kartu.

Kegiatan yang mengikuti petunjuk Protokol Covid tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, Kota Parepare , Wildana SP MM, Pengelola Kartu Tani BNI Cabang Parepare, Takdir, lalu Tamsil ST, selaku Pelaksana Tugas kepala seksi Prasarana dan Sarana Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, bersama sejumlah Kelompok Tani dan sejumlah penyuluh tertanian.

Dalam Sambutannya, Wildana berharap penyaluran Kartu Tani tahap Pertama ini sebanyak 263 Kartu Tani, agar bisa bermanfaat kepada petani, apalagi kondisi saat ini memasuki musim tanam.

“Semoga Bapak dan Ibu yang hadir bisa memaksimalkan keunggulan kartu tani, baik itu Pupuk Subsidi maupun Bibit Subsidi, program pemerintah ini diharapkan Para Petani makin terbuka dalam pengelolaan keuangan yaitu diperbankan khususnya BNI sehingga Hasil panen bisa maksimal, ” harapnya.

Ia juga meminta kepada Para Petani yang belum mendapatkan Kartu agar kiranya bersabar, karena adanya proses data ditambah kondisi Wabah Covid 19. “Sisa kartu tani yang belum datang masih dalam proses verifikasi data dari instansi terkait baik itu Kementerian maupun Instansi Pusat lainnya, ” ungkap dia.

Sementara itu, Takdir, Pengelola Kartu Tani BNI Cabang Parepare berharap Para Petani yang telah mengantongi Kartu Tani akan melakukan proses pembelian Pupuk maupun transaksi lainnya berhuhungan dengan Pertanian tanpa antrian di Bank. “Berdasarkan Keputusan Pusat, ada Agen yang telah ditunjuk untuk melalukan proses transaksi, jadi para petani bisa membawa Kartu Tani lalu menukarkan Pupuk atau bibit sesuai dengan luasan Lahannya, lalu kartu tersebut juga berfungsi untuk menabung dan transaksi perbankan lainnya” Tutur Takdir.

Ia juga menyinggung, Program Pemerintah lainnya yang berkaitan dengan Pertanian yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) tani, jika kedepan akan dilakukan setelah ada petunjuk tehnis penyaluran KUR Tani. ” BNI hadir memberikan solusi, Program KUR Tani nantinya diproritaskan kepada pemegang Kartu Tani ini untuk membantu proses tanam hingga penjualan,” katanya.

BNI Cabang Parepare salah satu Bank BUMN diplot menjadi Penyalur Kartu Tani di Area Ajatappareng selain di Parepare, Kabupaten lain seperti Sidrap dan Barru juga akan menerima Kartu Tani. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here