SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare mengumumkan General Manager (GM) PT Pelni Cabang Parepare, Gatot Harmanto positif terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Pengumuman ini diungkap Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bersama Forkopimda di Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Selasa, 21 April 2020.

“GM Pelni Pak Gatot Harmanto ini positif Corona. Riwayatnya sempat interaksi naik ke KM Lambelu pada 5 April. KM Lambelu yang bawa ABK positif kemarin itu,” terang Taufan Pawe di hadapan sejumlah wartawan.

GM Pelni sempat dirawat lima hari di RS Fatima Parepare, masuk 11 April 2020, dalam kondisi demam tinggi.

Demam tidak turun, dia dirujuk ke RSUD Andi Makkasau pada 16 April 2020. Di RSUD Andi Makkasau begitu masuk ditangani sesuai protokol Covid-19, swab test, CT scan.

17 April 2020, kembali swab test kedua di RSUD Andi Makkasau. Pada 19 April 2020, dini hari, GM Pelni dirujuk ke RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Hasil swab test keluar menyatakan positif saat bersangkutan dirujuk ke Makassar. “Jadi Kota Parepare akhirnya ditemukan satu positif Corona,” ungkap Taufan.

Hasil penelusuran, ditemukan 22 karyawan Pelni Parepare yang pernah kontak dan berinteraksi dengan GM Pelni.

22 orang ini langsung diperiksa oleh tim kesehatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Parepare, dengan rapid test dan dipantau.

Hasilnya, satu orang ditemukan bergejala sehingga langsung diisolasi di RSUD Andi Makkasau, dan ditetapkan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Temuan ini, kata Taufan, membuat pintu Pelabuhan Nusantara Parepare, harus dijaga ekstra lebih ketat lagi.

“Yang serius ini di pelabuhan. Sejauh ini sudah dijaga ketat. Pemeriksaan suhu tubuh setiap penumpang yang turun dan disemprot disinfektan,” ujar Taufan.

Namun Taufan menekankan, sebagian besar penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Parepare adalah dari luar Parepare.

“Jadi kalau ada yang mencurigakan, langsung dihubungi Pemda daerah asal untuk ditangani. Kalau warga Parepare tidak lebih 5 persen, jika pun ada pasti dipantau secara ketat,” tegas Taufan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here