SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare, terus melakukan langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona (Covid-19).

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menjelaskan, langkah itu dengan melakukan proteksi terhadap penumpang kapal yang bersandar di Pelabuhan Nusantara.

Setiap penumpang kapal yang turun di pelabuhan, didata dan dicek asal daerahnya. Jika warga Parepare, akan ditetapkan menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan langsung diisolasi mandiri.

“Semoga segala langkah antisipasi yang kita lakukan dapat memutus persebaran covid-19 di Kota Parepare,” tulis Taufan Pawe di akun instagram miliknya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Hj Halwatiah mengungkapkan, langkah yang dilakukan di pelabuhan adalah, setiap penumpang kapal yang turun dari kapal, kesehatannya dicek.

“Kita lihat KTPnya kemudian kita data daerah yang akan dituju. Jika warga Parepare dan tujuan Parepare, maka akan kita koordinasikan dengan pemerintah kecamatan tempat tinggalnya untuk kemudian dilakukan pengawasan terhadap warga tersebut selama 14 hari. Sementara, Jika penumpang tersebut tujuan daerah lain, maka kita lakukan pemetaan daerah tujuannya dan dikoordinasikan lebih lanjut,” jelasnya

Halwatiah menambahkan, penumpang yang asal dan tujuan Parepare, akan ditetapkan menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan akan diisolasi mandiri.

“OTG di sini pengawasannya bisa hanya melalui telepon namun tetap ada tim yang mengawasi langsung. Kalau penumpang ditetapkan sebagai ODP tanpa ada gejala flu dan batuk, maka akan dikoordinasikan dengan pemerintah kecamatan setempat untuk melakukan pengawasan selama 14 hari,” terang Halwatiah.

Namun, kata Halwatiah, jika penumpang itu ada gejala flu dan batuk, meskipun ringan, maka akan dibawa ke RSUD Andi Makkasau Parepare untuk dilakukan perawatan lebih lanjut. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here