SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare, melalui Kantor Dinas Kesehatan memperketat pemeriksaan data penumpang yang masuk di Pelabuhan Nusantara.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19), khususnya di wiliyah Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Parepare, yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dr. Halwatiah mengatakan, sesuai protap (prosedur tetap) protokoler kedatangan penumpang untuk mencegah COVID-19, penumpang dari jalur laut akan di periksa suhu tubuhnya menggunakan hand thermo scanner dan penyemprotan disinfektan yang telah di sediakan oleh Pelindo.

“Sementara untuk Penumpang yang berlabuh di Kota Parepare, dengan tujuan Kabupaten Kota yang ada di luar Kota, akan kami lakukan pendataan secara ketat. Sampai pada pemeriksaan KTP dan identitas pendukung lainnya,” ucap dia. Minggu, (5/4/2020).

Halwatiah menjelaskan, identitas tersebut kemudian didokumentasikan dan di sesuaikan dengan catatan Disdukcapil. Biodatanya juga langsung dikirim ke Dinas Kesehatan masing-masing daerah.

“Itu untuk dilakukan pendataan mereka dan di karantina setelah tiba di daerah tujuannya. Khusus hari ini, kami mendata ada sekitar 10 orang warga Parepare. Kami langsung menuruskan ke Camat, Lurah dan puskesmas masing-masing Kita lakukan pemeriksaan dan isolasi Mandiri yang di katagorikan Orang Tanpa Gejala (OTG) kepada warga yang baru tiba ini,” terang dia.

Pemeriksaan dan penyemprotan ini di lakukan oleh Tim Kesehatan terpadu dan pemeriksaan deteksi dini gejala virus corona atau COVID-19, terhadap para penumpang kapal KM Kirana. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here