SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah menekankan, tidak ada penutupan pelabuhan di Sulsel, termasuk Parepare.

Tapi penjagaan pelabuhan diperketat karena bagi warga dari luar yang mau masuk Sulsel, termasuk Parepare harus melalui masa isolasi selama 14 hari.

Hal ini diungkap Gubernur saat kunjungan kerja di Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Kita tidak menutup pelabuhan ini, tetapi siapapun yang masuk Parepare kita isolasi selama 14 hari. Kenapa isolasi ini penting, karena harus menjalani masa inkubasi. Setelah masa inkubasi ini selesai kita yakini mereka tidak ada lagi masalah. Walaupun ada yang terkena suspect, dia sudah menjalani masa inkubasi,” ungkap Gubernur Nurdin Abdullah di sela kunjungannya itu.

Karena itu, Nurdin mengimbau agar warga Sulsel di perantauan tidak pulang kampung atau mudik dulu selama masa penanganan virus Corona (Covid-19).

“Kami tidak larang pulang kampung, tapi kalau mau masuk Sulsel harus isolasi dulu 14 hari. Karena itu kami imbau tunda dulu pulang kampungnya sampai selesai penanganan masalah virus Corona ini,” harap Gubernur yang juga putra Parepare ini.

Secara khusus, Nurdin mengapresiasi Wali Kota Parepare, Forkopimda, dan Pelindo yang dinilai sudah menjaga wilayah khususnya pelabuhan dengan baik.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe merespons Gubernur agar penjagaan pelabuhan diperketat dan penumpang kapal yang turun di pelabuhan diisolasi selama 14 hari.

Taufan mengemukakan, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan selama ditetapkan masa tanggap darurat terhadap wabah Corona, telah bersama-sama dengan Pelindo dan otoritas kesehatan pelabuhan memperketat pengawasan pintu masuk Pelabuhan Nusantara.

“Termasuk yang kita lakukan penyemprotan disinfektan pada barang penumpang, dan juga pemeriksaan suhu tubuh penumpang. Selain itu kita juga menyemprot pada seluruh lokasi pelabuhan dan juga titik yang dilalui warga, agar kondisi semuanya diharapkan bisa steril,” kata Taufan.

Taufan menegaskan, jika ditemukan penumpang memiliki gejala atau dicurigai terdampak virus Corona, maka tenaga medis yang bertugas langsung melakukan penanganan lebih lanjut membawanya ke RSUD Andi Makkasau Parepare, untuk ditangani lebih serius.

“Sementara untuk penumpang yang tujuannya Parepare kita akan lakukan isolasi mandiri, dan pemantauan secara berkala serta diminta untuk sementara tidak berinteraksi dengan keluarga, kerabat, atau warga sekitar rumahnya hingga masa inkubasi 14 hari selesai,” tandas wali kota bergelar doktor ilmu hukum ini.

Selain Wali Kota, Wakil Wali Kota H Pangerang Rahim, Forkopimda Parepare, jajaran pejabat, serta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Parepare ikut menyertai kunjungan kerja Gubernur di Pelabuhan Nusantara. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here