SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Kantor Wali Kota Parepare menerapkan social distancing atau pembatasan sosial bagi tamu yang datang.

Pengunjung tidak lagi bebas keluar masuk Kantor Wali Kota, tapi harus melalui pemeriksaan suhu tubuh dan bersihkan tangan di satu pintu masuk utama. Tiga pintu lainnya di Kantor Wali Kota ditutup.

Tamu harus menggunakan id card atau kartu tanda pengenal, dan harus jelas keperluannya selama berada di Kantor Wali Kota.

Tidak hanya itu, antar kursi di area Kantor Wali Kota diatur jaraknya sehingga tidak berdekatan.

“Di sela antar satu kursi dengan kursi lainnya diberi tanda silang. Itu agar tidak diduduki. Supaya ada jarak. Karena kami terapkan Social Distancing di Kantor Wali Kota,” ungkap Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad. Senin, (23/3/2020).

Pembatasan sosial dilakukan di Kantor Wali Kota, kata Iwan, adalah salah satu upaya untuk pencegahan penularan virus Corona (Covid-19).

Iwan menekankan, belum ada kasus Corona di Parepare, namun pencegahan dini dilakukan semasif mungkin. Karena Covid-19 sudah masuk pendemi yang ditetapkan sebagai bencana nasional non alam.

“Pemerintah pusat, provinsi terus mengimbau social distancing. Bantu kami, batasi aktivitas sosial, itulah yang kami terapkan di Parepare,” tegas Iwan.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah dalam keterangan pers di kediaman pribadinya, Makassar, Kamis malam, 19 Maret 2020, kembali menegaskan soal social distancing.

Itu menyusul adanya dua pasien yang dinyatakan positif Corona, satu di antaranya meninggal di Sulsel.

Dalam keterangannya itu, Gubernur mengungkapkan, secara umum di Sulsel, ada 17 orang yang diperiksa terkait gejala Corona, 6 orang dinyatakan negatif, 9 menunggul hasil uji laboratorium, 2 positif. Dua yang positif ini, satu dinyatakan meninggal dirawat di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Keduanya disebutkan warga Makassar.

“Sekali lagi saya ingatkan, saya sudah keluarkan imbauan, laksanakan social distancing. Kurangi aktivitas di luar rumah. Anak tidak sekolah awasi supaya belajar di rumah, tidak bermain di luar. Menjaga perilaku hidup bersih, cuci tangan, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup,” imbuh Gubernur. (hms / smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here