SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) kembali sukses menyajikan event kepariwisataan yang telah ditetapkan sebagai agenda unggulan Provinsi Sulawesi Selatan, bahkan event yang dinamai TP (Tapadallaoki’ Parepare) tersebut akan diusulkan sebagai salah satu kalender nasional. 

Penyataan ini ditegaskan dalam sambutan Gubernur Sulawesi Selatan yang diwakili Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Provinsi Sulsel, Muhammad Firda pada pembukaan TP Fest di Lapangan Andi Makkasau Parepare, Kamis, (20/2/2020), malam. 

Saya mengapresiasi dan memberikan penghargaan, serta berterima kasih diadakannya event ini sebagai strategi promosi optimal berskala internasional. Event ini telah memenuhi kriteria sehingga ditetapkam sebagai event unggulan di Sulsel dan dapat pula diusulkan menjadi kalender Wonderful Indonesia mengikuti jejak Festival Salo’ Karajae sebagai salah satu Top 100 Calender ofEvent Nasional,” ungkap Firda.

TP Fest merupakan festival yang menyajikan perpaduan budaya tradisional dan moderen sebagai rangkaian perayaan HUT Parepare ke-60 sebagai ajang untuk menarik minat wisatawan. 

Penamaan TP Fest, selain diambil dari kosakata Bahasa Bugis ‘Tapadallaoki’ Parepare (TP) yang diartikan sebagai ajakan, ‘mari kita’ atau ‘ayo’ ke Parepare, juga diambil dari akronim nama Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) yang mengusung teori telapak kaki dalam menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap. 

Event ini berhasil mewujudkan teori telapak kaki dengan hadirnya puluhan ribu kaki dari berbagai daerah pada penyelenggaraan pembukaan festival yang ditandai penabuhan gendang dan pesta kembang api.  (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here