SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota Parepare mengembangkan sebuah inovasi berbasis teknologi. 

Inovasi itu adalah aplikasi yang dinamai ‘Si Vera Tangkas’ atau Sistem Informasi Verifikasi, dan Validasi Pertanggungan Kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Kantor Dinas Kesehatan Kota Parepare, Rahmawati diacara sosialisasi aplikasi, Jumat (6/12/2019).

Kegiatan itu dihadiri pihak kelurahan, kecamatan, Dinas Sosial, Kominfo, dan stake holder. 

“Aplikasi itu dibuat untuk menjamin akurasi data para peserta BPJS Kesehatan, khususnya yang berstatus Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh Pemerintah Kota Parepare,” tutur Rahmawati.

Dia mengungkapkan, aplikasi ‘Si Vera Tangkas’ ini disosialisasikan oleh Dinas Kesehatan dengan menggandeng Dinas Kominfo, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Hadir sebagai narasumber, Sekretaris Dinas Kesehatan, Rahmawaty bersama perwakilan Dinas Kominfo, Hariyanto Chairun dan Disdukcapil, Adi Hidayah Saputra.

Menurut Rahmawaty, melalui aplikasi tersebut, pemanfaatan data kependudukan yang akurat memudahkan proses registrasi peserta PBI BPJS Kesehatan.

“Bukan hanya itu, NIK dijadikan sebagai keyword data kepesertaan tunggal untuk mencegah terjadinya duplikasi data dalam proses pendaftaran peserta BPJS,” katanya.

Selain itu kata dia, juga untuk mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran peserta baru dan proses mutasi data peserta. 

“Aplikasi ini terkoneksi dengan Disdukcapil dan terlapor ke Dinas Sosial sehingga lebih akurat dan terjamin,” tutup Rahmawati. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here