SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pesta olahraga lokal, Pekan Olahraga Kota (Porkot) Parepare yang pertama dipastikan bakal semarak.

Itu karena 1.111 atlet siap turun berkompetisi di 13 cabang olahraga yang dipertandingkan. Porkot resmi dibuka Kamis malam, 21 November 2019 di Alun-alun Kota, Lapangan Andi Makkasau, Parepare.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah dan Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe dijadwalkan membuka langsung Porkot yang berlangsung sepekan ini.

Ketua KONI Parepare, Parman Farid mengatakan, ini adalah sejarah karena baru pertama kalinya Porkot diadakan di Parepare.

“Pak Wali Kota saat kami audiens berpesan karena ini adalah Porkot pertama jadi harus benar-benar baik dan maksimal,” ungkap Parman di sela gladi pembukaan Porkot di Lapangan Andi Makkasau, Rabu, 20 November 2019.

“Pesertanya banyak mencapai 1.111 atlet yang didominasi oleh pelajar SD, SMP, SMA, SMK di Parepare. Dan semua atlet kita wajibkan mengikuti defile saat pembukaan. Jika tidak ikut defile, maka kami anggap bukan peserta Porkot,” tegas Parman.

Misi utama dari Porkot, kata Parman, adalah ajang seleksi dan perekrutan atlet untuk dipersiapkan ke PORDA dan event-event olahraga lainnya.

Selain defile atlet dari 13 cabang olahraga saat pembukaan, juga ada atraksi senam massal dan atraksi kejutan lainnya.

“Yang ditunggu-tunggu nanti adalah saat Pak Gubernur atau Pak Wali Kota membuka Porkot, karena ada kejutan yang menggelegar menandai pembukaan Porkot. Juga akan diramaikan oleh pesta kembang api,” beber Parman.

Ketua Panitia Porkot, H Edhar Abdullah mengatakan, gladi ini adalah tahapan terakhir dari seluruh rangkaian persiapan Porkot.

“Kami sudah tiga kali rapat pemantapan panitia, kemudian terakhir di Balai Ainun Habibie rapat finalisasi. Juga sudah technical meeting 13 cabang olahraga. Insya Allah persiapan panitia sudah 90 persen, tinggal menunggu hari H,” kata Edhar.

Panitia juga sudah memasang baliho Porkot di beberapa titik strategis dan menyebar undangan bagi para tamu saat pembukaan.

“Yang kami undang tentu Pak Gubernur, Pak Wali Kota untuk memberi sambutan dan membuka Porkot. Kemudian unsur Forkopimda, beberapa kepala SKPD, pimpinan dan anggota DPRD, para kepala sekolah, guru olahraga, pimpinan dan pengurus Pengcab, serta stakeholder olahraga di Parepare,” terang Edhar. (smartnews)

Cabang Olahraga di Porkot I Parepare

1. Atletik, Stadion Gelora BJ Habibie
2. Biliar, Pasar Kuliner UKM
3. Bola basket, Lapangan Jatidiri
4. Bola voli, Lapangan Kavaleri Soreang
5. Bulu tangkis, Gedung Mario Pulana
6. Catur, Kafe Bahari
7. Karate, Aula Dinas Pendidikan
8. Panahan, Lapangan Bina Lipu
9. Petanque, Lapangan Andi Makkasau
10. Sepak takraw, Lapangan Andi Makkasau
11. Tenis lapangan, Lapangan Jatidiri
12. Tenis meja, Gedung Mario Pulana
13. Renang, Kolam Renang Waterboom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here