SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Wakil walikota Parepare H Pangerang Rahim mengapresiasi program inovasi “Retas” (Parepare Berantas) Hoax yang digagas Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, La Ode Arwah Rahman. Apresiasi ini disampaikan Pangerang Rahim usai membuka Pameran Rancangan Proyek Perubahan (RPP) Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan VII Pemkot Parepare, Rabu, 23 Oktober 2019.

“Ini merupakan upaya Dinas Kominfo untuk mensosialisasikan secara masif pemberantasan berita-berita bohong atau hoax yang selama ini sangat merusak sendi-sendi silaturahim persatuan dan kesatuan bangsa, dan memicu keretakan sosial di masyarakat kita,” kata Pangerang Rahim.

Menurut Pangerang Rahim, Program “Retas Hoax” Dinas Kominfo Parepare, merupakan terobosan penting Pemerintah Daerah untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mengatasi berita hoax yang banyak berkembang di media sosial.

“Ini sangat bagus sekali, dan tentu yang dilakukan tidak gampang dan melalui banyak proses. Namun semua proyek perubahan ini melalui tahapan evaluasi untuk menentukan yang terbaik,” ujarnya.

Ditambahkan, proyek perubahan yang diciptakan peserta Latpim harus dapat diaplikasikan dan diwujudkan di lapangan. “Utamanya tentu ketika mereka berada pada posisi jabatan-jabatan struktural yang akhirnya bagaiman meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Parepare,” tandas Pangerang Rahim.

Apresiasi terhadap gagasan inovasi “Retas Hoax” juga disampaikan salah satu penguji dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Sulawesi Selatan, Dra. Sri Rejeki. Ia menegaskan, program “Retas Hoax” dapat menjadi role model bagi pemerintah kabupaten kota lain di Sulawesi Selatan.

Dia mengatakan, akan merekomendasikan inovasi tersebut pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. “Harapannya bisa menjadi contoh dalam program penanganan hoax yang semakin menghawatirkan,” katanya.

Dia mengatakan, dirinya senang sekali dengan inovasi yang digagas oleh Arwah Rahman yang membuat program “Retas Hoax” mrngingat persoalan hoax saat ini sangat sangat memprihatikan.

“Ini langkah maju yang dilakukan Dinas Kominfo Parepare dan kita berharap ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Diketahui, Peserta Diklatpim III ini diikuti oleh 30 peserta yang telah diusul oleh masing-masing Kepala SKPD. Pada pameran RPP kali ini, setiap peserta diwajibkan menjelaskan program inovasi yang menjadi rancangan proyek perubahan yang akan dilaksanakan dalam dua bulan.

Pada kegiatan pembukaan, Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim didampingi Kepala BKPSDM Gustam Kasim. Pada kesempatan ini Pangeram Rahim berkeliling melihat satu per satu dan menanyakan manfaat dan tujuan terobosan-terobosan proyek perubahan yang dihasilkan oleh peserta Diklatpim III. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here