SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Tim Pembina Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat Provinsi Jawa Barat harus bersusah payah menempuh perjalanan darat dan udara demi untuk berguru tentang Kota Sehat di Parepare, Provinsi Sulsel.

Berangkat dari Bandung pukul 15.00 sore, baru tiba di Bandara Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta pada pukul 02.30 dini hari, karena teradang kemacetan parah sepanjang jalan.

Jadinya, rombongan ketinggalan pesawat. Rombongan terpaksa beli tiket lagi, dan baru berangkat pagi harinya, tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pukul 08.00 pagi.

“Minta maaf jadwalnya jam 10, jadi molor, karena macet di jalan, baru tiba jam 8 pagi di Makassar. Tapi tadi tiba di Parepare, saya sudah terkagum-kagum, kotanya bersih dan indah. Lalu saya tertarik turun sebentar melihat Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun. Ternyata ada ya, cinta sejati yang dibawa mati,” ungkap Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Pemprov Jawa Barat yang juga Ketua Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat Jabar, Dr Hj Ida Wahida Hidayati dalam sambutan di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 23 Oktober 2019.

Ida Wahida mengaku sudah melapor kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar terkait kunjungan kerja studi banding Kota Sehat di Parepare.

Di dalam rombongan, kata Ida, ada Bappeda Provinsi Jabar, Dinas Kesehatan Jabar, Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat (KKS) se-Jabar.

“Kami ingin mencontoh dan mempelajari pembinaan dan penyelenggaraan Kota Sehat di Parepare. Karena hasil rekomendasi yang kami terima, Parepare ini Kota Sehat terbaik nasional,” beber Ida.

Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim yang menerima rombongan berterima kasih atas dipilihnya Parepare menjadi lokasi studi banding Kota Sehat.

“Banyak program kami terapkan untuk mendukung Kota Sehat dengan melibatkan sinergitas antar SKPD,” kata Pangerang.

Selain Pangerang, Ketua TP PKK Parepare Hj Erna Rasyid Taufan, Ketua Forum Lintas Kabupaten Kota Sehat Provinsi Sulsel Muslim Rasyid, Ketua Forum Kota Sehat Parepare H Minhajuddin Ahmad, jajaran Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Bappeda, Dinas Kesehatan Parepare, serta sejumlah SKPD se-Parepare ikut menerima rombongan asal Jabar.

Rombongan mengunjungi beberapa lokasi fokus (Lokus) Kota Sehat di Parepare, termasuk melihat dari dekat hasil produksi kerajinan tangan Dekranasda Parepare di Balai Ainun Habibie, hingga rumah tempat kelahiran Almarhum BJ Habibie. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here