SmartNewsCelebes.Com – Selain jerawat, komedo merupakan salah satu masalah serius bagi kecantikan wajah. Sebab karena komedo kulit muka terasa sangat kasar.

Komedo juga terdapat dua jenis yakni komedo putih dan juga hitam. Keduanya sama-sama bermasalah bagi kecantikan.

Namun dengan bahan alami komedo ternyata bisa hilang dengan sendirinya loh, asal dilakukan dengan teratur. Lantas dengan cara dan bahan apa saja?

1. Lemon

Berbicara tentang lemon, yang muncul di benak kamu pasti jus lemon. Ya, buah yang mengandung vitamin C tinggi ini selain menyegarkan, bisa juga digunakan untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Caranya mudah, bersihkan wajah kamu terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Lalu potong 1 (satu) buah lemon menjadi beberapa bagian.

Gosokkan irisan lemon tersebut pada bagian yang terkena komedo. Diamkan selama 3-4 menit. Bersihkan kembali wajah kamu dengan air dingin untuk menutup pori-pori.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Mulai dari melembapkan rambut, menyegarkan kulit kepala, mengobati luka bakar, antioksidan dan mengurangi peradangan, sampai meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain beberapa khasiat di atas, ternyata lidah buaya juga memiliki keampuhan untuk menghilangkan komedo. Caranya, potonglah lidah buaya menjadi beberapa bagian.

Ambil gel yang terdapat di setiap potongan lidah buaya. Lalu tambahkan satu sendok perasan air lemon, aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada daerah yang terkena komedo.

Diamkan kurang lebih selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antibiotik. Ketiga kandungan tersebut tentunya sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Tidak sulit untuk mendapatkan madu, apalagi sekarang ada kemasan madu sachet yang bisa kamu beli di minimarket. Madu juga memiliki keampuhan untuk menghilangkan komedo.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo menggunakan madu. Peratama, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat.

Kemudian hangatkan satu sendok madu dan oleskan madu hangat tersebut pada wajah yang dipenuhi komedo. Diamkan selama beberapa menit. Lalu bilas dengan air dingin.

(pjksatu/smart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here