SmartNewsCelebes.Com, Makassar – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) mengadakan Seminar Wirausaha di Aula Fakultas Kedokteran Unismuh, Makassar, Sabtu, 13 Juli 2019.

Dalam seminar itu, Himagri Unismuh menghadirkan Hari Paramuda, seorang pengusaha muda sebagai salah satu nara sumber.

Berbicara di hadapan para mahasiswa, Hari Paramuda menyampaikan pentingnya untuk menguasai produksi dan pasar agar mendapatkan profit yang lebih baik.

Dia mencontohkan petani sayur sudah menanam dan menunggu berbulan bulan untuk panen. Namun saat menjual harganya sangat murah.

Sedangkan pedagang tidak pernah menanam dan memanen tapi mampu menguasai pasar. Mampu menjual lebih mahal dan mendapatkan keuntungan lebih baik.

Hari Paramuda juga bercerita tentang perjalanan bisnisnya sejak tahun 2008.  “Saya merantau ke Jakarta dan Alhamdulillah selalu bertumbuh,” katanya.

Pesan lainnya adalah mahasiswa harus menjadi pengusaha sukses dan bermanfaat seluas luasnya untuk keluarga dan masyarakat.

“Jangan berpikir lagi untuk menjadi PNS atau pegawai BUMN dan swasta lainnya. Karena saat ini pertumbuhan pencari kerja dan lapangan kerja itu sendiri sudah tidak berimbang,” pesannya. 

Dia mencontohkan penerimaan CPNS tahun 2018 sebanyak 300 ribuan orang tetapi yang mendaftar 4 jutaan orang.

Dalam seminar ini hadir juga Rektor Unismuh Makassar, Prof DR H Abdul Rahman Rahim SE MM. Rektor mengapresiasi Hari Paramuda yang menginspirasi para mahasiswa untuk menjadi pengusaha sukses. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here