SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Rapat Monitoring dan Evaluasi Program Generik.

Sejumlah pejabat dari 5 daerah di Sulawesi Selatan, yakni Kota Parepare, Makassar, Palopo, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa mengikuti rapat monitoring tersebut.

“Rapat Monitoring terkait dengan program Monitoring Center for Prevention (MCP),” kata Iwan KWRI, Sekretaris Daerah Kota Parepare. Jumat (6/7/2019).

Kegiatan itu, kata dia, dibuka oleh Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat, yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Iwan menjelaskan, kegiatan itu sebagai upaya optimalisasi Pendapatan Asli daerah pada sektor Pajak dan retribusi dengan memasang alat perekaman di restoran.

“Melalui program-program tersebut, pemerintah dapat mengoptimalkan pendapatan daerah. Pendapatan tersebut akan diambil sebagai sumber APBD,” katanya.

Kota Parepare sendiri lanjut Iwan telah menerapkan Program MCP salah satu diantaranya dengan menerapkan aplikasi “Tax Monitoring” sebagai upaya optimalisasi Pendapatan Asli daerah pada sektor Pajak dan retribusi dengan memasang alat perekaman pada restoran.

“Elemen tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan sektor, wilayah, atau instansi yang rentan terhadap korupsi dan menerjemahkan pemahaman tersebut menjadi gambaran strategis dan prioritas rekomendasi yang akan memberikan arahan bagi upaya pencegahan korupsi,” tandas Iwan Asaad. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here