SmartNewsCelebes.Com, Makassar – Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim menghadiri kegiatan sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) Elektronik dan Transaksi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Bank Indonesia (BI), itu digelar di Hotel Rinra, Makassar. Kamis (20/6/2019).

Pangerang Rahim hadir mewakili Walikota Parepare HM Taufan Pawe, yang secara bersamaan berada pada kegiatan lain. Sejumlah pejabat dan kepala daerah dan yang mewakili hadir dalam kegiatan itu.

“Selain sosialisasi GPN, Bank Indonesia juga melakukan sosialisasi elektronifikasi transaksi keuangan untuk lingkup pemerintah daerah,” kata Pangerang Rahim.

Pangerang Rahim menjelaskan, GPN atau National Payment Gateway (NPG), adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran seperti kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik.

“Sistem transaksi keuangan itu nanti kemudian akan diterapkan disetiap daerah,” ungkap Pangerang Rahim.

Seperti yang diketahui, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway (NPG) adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran (kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik) dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran seperti ATM, mesin Electronic Data Capture (EDC), atau kanal pembayaran lainnya.

Sederhananya, seluruh Nasabah bisa melakukan transaksi offline seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia.

Keuntungan menggunakan kartu GPN
Dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN, kamu gak cuma bisa melakukan transaksi di seluruh Indonesia karena terkoneksi dengan mesin ATM/EDC mana pun, tetapi juga ikut mendukung upaya Bank Indonesia untuk merealisasikan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

Selain itu, jika pada umumnya kartu debit yang dikeluarkan oleh bank dikenakan biaya administrasi bulanan cukup tinggi, kini Nasabah mendapat keuntungan berupa penurunan biaya administrasi bulanan kartu mulai dari Rp1.000 per bulan jika menggunakan kartu GPN.

Namun di Jenius, penggunaan kartu debit berlogo GPN tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here