SmartNewsCelebes.Com, Makassar – Pemerintah Kota Parepare meraih penghargaan dalam bidang kesehatan lingkungan masyarakat. Parepare terbaik pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL).

Penghargaan itu diterima langsung oleh Wali Kota Parepare DR.HM Taufan Pawe dalam acara Anugerah Saoraja AMPL tahun 2018, di Makassar. Rabu (14/11/2018).

Penjabat Sekda Propinsi Sulawesi Selatan, Radjamilo menyampaikan bahwa kota Parepare telah bebas dari buang air, atau open defection free.

“Pencapaian target ini bukan hal yang mudah. Dibutuhkan komitmen yang dapat memacu mengejar target pencapaian air minum,” kata dia.

Anugerah Saoraja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Propinsi Sulawesi Selatan, kata dia, merupakan inisiasi pokja memberikan Award kepada daerah dalam membangun dan menjaga lingkungan agar mampu menjadi contoh bagi daerah lain.

“Anugerah Saoraja AMPL tahun 2018 ini merupakan pertama kalinya digelar dan merupakan sejarah baru bagi Propinsi Sulawesi Selatan menjaga upaya pemuliaan AMPL,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN Bappenas, Tri Dewianti, mengungkapkan, Provinsi Sulawesi Selatan semakin maju dalam menjaga sanitasi air bersih.

“Ini harus ditingkatkan oleh seluruh kabupaten kota untuk mencapai target sanitasi sehat di Indonesia. Masih sedikit daerah yang menyelenggarakan kegiatan ini,” kata dia.

Sanitasi lanjutnya merupakan komitmen global dengan capaian 70 persen sanitasi yang memerlukan kerja keras dari semua daerah di Indonesia.

“Ini harus menjadi komitmen untuk mengembangkan dan mewujudkan 100 persen. Selamat untuk Provinsi Sulawesi Selatan semoga menjadi pejuang dan inspirasi air,” ungkap Tri.

Wali Kota Parepare HM Taufan menyampaikan terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan sebagai kota terbaik tersebut.

“Ini adalah pengakuan yang diberikan atas komitmen Pemerintah dalam membangun AMPL di Kota Parepare,” tutup Taufan Pawe. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here