SmartnewsCelebes.Com, Parepare – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi dan edukasi cinta bangga paham rupiah di Kota Parepare.

Sosialisasi yang di gelar di ruang Pola Kantor Sekretariat Daerah Parepare itu mengudang sejumlah unsur dari kalangan mahasiswa, akademisi, pelaku usaha, dan pimpinan perbankan. Jumat, (15/10/2021).

Pihak BI diterima oleh Plt. Asisten I Pemerintahan Kota Parepare, Eko W Ariyadi, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Pemkot Parepare, Jamaluddin Ahmad, mewakili Wali Kota Parepare HM. Taufan Pawe.

Dalam sambutan Wali Kota Parepare yang dibacakan Asisten I, pemerintah kota sangat mengapresiasi BI yang menggelar kegiatan sosialisasi tersebut.

“Kita bangga dan mengapresiasi kegiatan sosialisasi oleh BI. Kami berharap dengan kegiatan ini kebanggaan dan kecintaan kita terhadap mata uang rupiah semakin tertanam didalam hati kita masing-masing,” terang Eko W Aryadi.

Dia mengatakan, program cinta bangga dan paham rupiah oleh BI tersebut merupakan salahsatu upaya untuk kembali menguatkan nilai mata uang rupiah, mengingat saat ini berdampak pada nilai tukar rupiah.

“Edukasi rupiah yang dipahami masyarakat saat ini cenderung terbatas pada kondisi fisik. Maka itu edukasi diperluas agar masyarakat memahami nilai rupiah bukan hanya tunai namun juga non tunai,” katanya.

Sosialisasi tersebut, kata dia, sangat baik agar masyarakat pada umumnya terutama para pelaku ekonomi seperti UMKM dapat memahami rupiah sehingga timbul rasa cinta terhadap rupiah.

“Memahami dan cinta terhadap rupiah yaitu dengan cara merawat memberlakukannya dengan baik dan mengetahui keaslian rupiah. Rupiah adalah identitas bangsa, dan satu-satunya alat pembayaran yang sah,” ungkapnya.

Dia berharap sosialisasi cinta bangga dan paham terhadap rupiah ini dikembangkan dan melibatkan semua pihak termasuk media.

“Karena media adalah kanal penting dalam komunikasi dalam memberikan informasi yang penting kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI Sulsel, Muh. Ali Afftan, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program dari Bank Indonesia.

“Jadi, kegiatan edukasi dan sosialisasi ini kita laksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. Kita roadshow membangun semangat cinta rupiah ke penjuru negeri,” ungkapnya. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here