SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Penjabat Walikota Parepare Dr Akbar Ali menghadiri Verifikasi Lapangan penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2024.

Tim Verifikator lapangan ini diterima oleh Forum Pelabuhan Sehat di Kantor Pelabuhan Nusantara Kota Parepare.

Akbar Ali dalam sambutan selamat datangnya menyampaikan, apresiasi atas keterlibatan Pemerintah Kota dalam memberikan dukungan kepada pelabuhan termasuk KSOP dan segenap tim pendukung dalam rangka verifikasi untuk menjadi pelabuhan sehat.

“Kami Pemerintah Kota sangat berterima kasih atas keberadaan tim disini untuk memberikan perhatian khusus dan memastikan bahwa salah satu pelabuhan masuk kategori sehat adalah pelabuhan Nusantara Kota Parepare,” terang Akbar Ali. (26/7/2024).

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada semua stakeholder yang tergabung dalam Forum Pelabuhan Sehat, atas atensinya agar pelabuhan Nusantara Parepare mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan adanya penilaian pelabuhan sehat.

“Kami dari Pemerintah Kota memberikan dukungan kepada tim dalam hal ini apakah memberikan dukungan infrastruktur ataupun bentuk penyadaran kepada masyarakat untuk mendukung pelabuhan sehat, ” tandasnya.

Sementara Ketua tim Verifikator dr. Tunggul Birowo menjelaskan, Verifikasi lapangan ini dilakukan agar Pelabuhan memiliki standar kesehatan yang paripurna.

“Dalam rangka melayani pelaku perjalanan, dan layanan yang ada dalam pelabuhan itu standarnya sudah sesuai, sehingga yang kita harapkan adalah, tidak terjadi penyakit atau faktor resiko kesehatan yang bisa membahayakan pekerjanya, maupun pengguna jasa yang menggunakan jasa di Pelabuhan tersebut,” ungkapnya.

Terkait indikator, Tunggul menyebut bahwa ada enam indikator dalam verifikasi pelabuhan, yaitu terkait dengan kesehatan lingkungan, sarana dan prasarana, PHBS, kelembagaan dalam arti seluruh stakeholder harus kompak dalam mewujudkan pelabuhan sehat.

“Selebihnya itu, juga yang menjadi indikator yaitu keamanan dan ketertiban di dalam dan di sekitar pelabuhan tersebut,” tutupnya. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here