SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe membeberkan soal program yang telah dicanangkan di tahun 2019.

Taufan menegaskan pihaknya memiliki program dalam mewujudkan visi misi menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap.

Ada tiga sektor untuk merealisasikan visi misi itu, baik di bidang kesehatan, pendidikan, maupun kepariwisataan. 

“Saya sangat optimis, 2019 ini tower pertama Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie sudah bisa beroperasi. Serapan tenaga kerja dari konsep ‘medical tourism’ Rumah Sakit kita ini akan mrlahirkan sumber ekonomi baru,” ujar Taufan. 

Selain itu, Taufan Pawe menarget pemungsian Puskesmas Lemoe, Kecamatan Bacukiki sudah beroperasi.

“Saya juga akan secepatnya mengubah status Puskesmas Madising na Mario menjadi Rumah Sakit Type C,” ungkap Taufan.  

Sementara di sektor jasa Pendidikan, lanjut Taufan, pembebasan lahan Institut Teknologi Habibie (ITH) juga ditarget rampung pada 2019. 

“Kalau kita lihat di website Kemenristekdikti, ITH sudah terigister. Saya optimis, 2019 sudah harus selesai pembebasan lahan 34 hektar are,” paparnya. 

Soal kepariwisataan, Taufan Pawe mencanangkan Parepare sebagai Kota Tujuan Wisata Halal. Dalam program ini, semua pelaku usaha akan diedukasi, mengingat identitas Parepare sebagai Kota Santri dan Ulama. 

“Kami juga menawarkan objek wisata mendunia, yaitu Museum Habibie yang berlokasi di rumah tempat lahir beliau. Di Museum nanti, penghargaan nasional dan internasional Bapak BJ Habibie akan dipajang di museum itu,” detail TP, akronim Walikota bergelar Doktor di bidang hukum ini. 

Pembangunan Mattirotasi Waterpark, Anjungan Cempae, dan sejumlah objek wisata moderen yang telah disosialisasikan dalam kampanyenya mulai dibangun pada 2019 ini. 

“Termasuk Taman Syariah juga akan kita kembangkan sebagai taman bacaan Muslim. Kita ingin ada nuansa berbeda dari daerah lain,” jelas Taufan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here