SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Komisi Pemilih Umum (KPU) Kota Parepare melakukan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024. Kegiatan itu dilakukan di depan Kantor KPU Parepare, Rabu (31/01/2024).
Ketua KPU Kota Parepare, Awal Yanto mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memastikan sistem berjalan lancar, mendeteksi potensi masalah, dan melatih petugas pemilu.
“Hal ini akan sangat membantu para KPPS mengoptimalkan proses sesungguhnya dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap integritas pemilu,” jelasnya.
Anggota KPU Parepare Divisi Teknis, Nur Islah menambahkan, semua yang terlibat dalam proses itu adalah penyelenggaraan AdHoc. Menjadi KPPS 1 sampai 7 adalah PPK. Sanksi dari PPS dan yang menjadi pemilih adalah KPPS.
“Bahkan, semua yang terlibat dalam proses Pemilu 2024, juga kami undang. Bawaslu hingga partai politik,” tambahnya
Pada simulasi itu juga, sambung Islah, semua kondis dan kemungkinan yang akan terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) diperagakan. “Sampai tadi ada petugas kami yang berperan marah-marah di TPS. Nah, hal-hal seperi itu petugas kita harus siap menghadapi. Tentu dengan cara-cara yang sudah diatur dalam aturan,” paparnya.
Ia berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan itu, pihaknya selaku penyelenggara bisa menyamakan persepsi terkait situasi dan kondisi di TPS.
“Yang paling utama, kita juga mengedukasi masyarakat yang akan datang menggunakan hak suaranya di TPS, mengetahui apa saja yang harus di siapkan sebelum ke TPS,” imbuhnya. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here