SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare mendorong pekaku UMKM meningkatkan kemampuanya dan peran sertanya dalam membangun perekonomian di Kota Parepare melalui kreatifitas dan inovasi dalam berusaha.
Pengembangan usaha yang dilakukan para pelaku UMKM berperan penting dalam meningkatkan kehidupan perekonomian di Kota Parepare.
Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim saat membuka pelatihan UMKM Jamkrindo di Gedung Baruga, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Senin, 9/10/2023.
Hadir Ketua PKK Kota Parepare, sejumlah Kepala SKPD, lurah dan camat serta peserta undangan lainnya.
Pangerang mengatakan Pemerintah Kota Parepare sangat berkomitmen mendukung upaya peningkatan kreatifitas masyarakat terutama para pengusaha muda dengan memberikan kemudahan kepada para pelaku UMKM, sehingga mereka akan mampu mengembangkan kreatifitasnya sendiri.
Datangnya Era Creative atau Cultural Industry dalam revolusi industri 4.0, kata dia, adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Karena cepat atau lambat akan menyisir hampir di seluruh sektor, tak terkecuali UMKM.
“Tantangan terbesar saat ini bagi para pelaku UMKM adalah masuk ke dunia E-Commerce. Untuk itu UMKM harus terus meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta keahliannya dalam memanfaatkan teknologi informasi,” ucap Pangerang.
Mantan Sekretaris Golkar Sulsel ini mengemukakan pemanfaatan pemasaran online merupakan salah satu target pemerintah menuju Indonesia Energi Digital Asia. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri sehingga dibutuhkan sebuah etalase produk berwujud digital agar UMKM tetap eksis dengan berjualan paket melalui digital marketplace.
Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan Gerakan Go Digital yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata.
“Keberhasilan UMKM menjalankan usahanya akan memungkinkan terbukanya lapangan kerja baru sehingga tingkat pengangguran akan menurun, begitu pula dengan angka kemiskinan. Pada akhirnya hal ini akan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Parepare,” ungkapnya. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here