SMARTNEWSCELEBES.COM, PINRANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang menggelar deklarasi Taransisi PAUD ke TK yang menyenangkan se Kabupaten Pinrang.
Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Pinrang Hj. And Sri Widiyati Irwan berkesempatan hadir melakukan deklarasi transisi PAUD ke SD/MI.
Kadisdikbud Pinrang, Andi Majtjta dan Ketua PGRI dan Kemenag ikut mendampingi.
Kegiatan berlangsung di Aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang. Kamis, (15/6/23).
Andi Majtjta Moenta dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para tamu undangan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana begitu meriah.
“Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan adalah gerakan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan cara yang menyenangkan dan dimulai sejak tahun ajaran baru,” ujar dia.
Menurut eks Kadis Kominfo Pinrang itu, transisi PAUD Ke pendidikan dasar perlu berjalan dengan mulus Proses belajar-mengajar di PAUD dan pendidikan dasar kelas awal harus selaras dan berkesinambungan.
“Kemampuan literasi dan numerasi dibangun bertahap. Kemampuan dasar literasi dan numerasi dibangun mulai dari PAUD, namun secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan,” kata dia.
“Menerapkan pendidikan holistik yang mengembangkan seluruh potensi siswa secara harmonis, meliputi potensi intelektual, emosional, phisik, sosial, estetika, dan spiritual,” tambah dia.
Sementara itu, Bunda PAUD Pinrang, Andi Sri Widiyati Irwan mengungkapkan pentingnya kolaborasi agar program ini dapat terlaksana dengan sukses.
Kolaborasi ini, lanjut Sri Irwan, diharapkan bisa terbangun diantara Pokja Bunda PAUD, Dinas Pendidikan, HIMPAUDI, IGTKI dan Organisasi Mitra Pendidikan lainnya.
“Program yang telah dilaunching secara Nasional ini bertujuan agar proses transisi pendidikan anak dari tingkat PAUD ke SD/MI tidak membuat anak kehilangan keceriaan,” kata dia.
“Siap sekolah adalah proses, bukan hasil, melainkan sebuah proses yang perlu dihargai oleh satuan pendidikan dan orang tua yang bijak. Untuk memasuki SD, setelah itu anak-anak kita akan menuju sekolah yang baru yaitu sekolah dasar, mereka akan mencari suasana seperti di TK yang jelas di SD nanti mereka tidak dapat, misalnya mana mainan saya mana yang kemarin di taman kanak-kanak kita bermain di SD sudah tidak ada,” ungkap dia.
Dia berpesan agar orang tua siswa dapat membuat suasana hati nyaman dan senang pada anak-anak kita, dalam memasuki masa sekolah SD dengan penuh semangat, mereka akan beradaptasi dengan suasana baru dengan guru-guru baru dan teman-teman baru, walau ada kendala, tapi semua itu butuh waktu.
Kegiatan tersebut diwarnai dengan Deklarasi bersama Bunda PAUD, Ketua PGRI, Kemenag Pinrang dengan touchscreen dan Penandatanganan bersama, dilanjutkan foto bersama seluruh tamu undangan.
Juga turut hadir Ketua Kabupaten PGRI Pinrang Drs.Darmin, M.Si, Kepala Kemenag Pinrang diwakili Ramli Alyas, Kabid Dikdas Dikbud Pinrang Muhtar, S.IP, M.Si dan Kabid PAUD/Dikmas Dikbud Pinrang Wahida Gusnawati, SE, M.Si, para Korwil UPT Dikbud Kecamatan, Pengurus Aisyah Pinrang, HIMPAUDI, IGTKI serta para kepala SD/TK dan guru PAUD se-Kabupaten Pinrang. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here