SMARTNEWSCELEBES.COM, PINRANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, suskes menggelar Diseminasi Revitalisasi Bahasa Daerah Tingkat Kabupaten Pinrang, bertempat di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang.
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal (24- 25) Mei 2023 yang melibatkan perwakilan dari 12 kecamatan di Kabupaten Pinrang. Rabu, (24/5/2023)
Ratusan peserta yang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari guru sekolah dasar dan Guru Sekolah menengah pertama yang kesemunaya bukan hanya sebagai guru di sekolahnya masing- masing, melainkan peserta adalah guru yang mampu menggunakan Bahasa Bugis dan mempunyai perhatian khusus terhadap pelestarian bahasa daerah khususnya Bahasa Bugis di Kabupaten Pinrang.
Pada kegiatan Diseminasi Revitalisasi Bahasa Daerah ini secara garis besar terdiri dari empat materi dan yang bertindak sebagai pemateri adalah para guru master atau guru utama angkatan 1, 2 dan 3 yang telah mendapatkan pelatihan Guru Master dari Balai Bahasa.
Perlu diketahui bahwa keempat materi tersebut akan dilombakan pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu yang rencananya kegiatan seleksi dimulai dari tingkat kecamatan hingga Kabupaten dan juara dari tingkat Kabupaten akan berlaga di tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan November 2023.Hal ini disampaikan Andi Harisuddin, S.Pd.
Muzakkir, S.Od, M.Pd, Sekertaris Disdikbud Pinrang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara umum kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkatkan jumlah penutur bahasa Bugis dari usia Dini, serta menjaga kelestarian bahasa Bugis dengan melibatkan bapak ibu guru yang akan mempunyai tugas utama untuk mengimbaskan kepada anak didik maupun rekan-rekan guru lain dengan menerapkan prinsip- prinsip merdeka Belajar.
Dikatakan Sebelumnya bahwa peserta yang hadir pada kegiatan ini merupakan guru yang diutus oleh masing- masing kecamatan untuk menerima materi pelatihan yang meliputi; pidato, menulis cerpen, mendongeng dan komedi tunggal dalam bahasa bugis yang kelak akan dijadikan acuan lomba yang sesuai dengan juknis dari Balai Bahasa Sulawesi Selatan.
Besar harapan bahwa melalui kegiatan ini maka guru akan terdorong untu melakukan inovasi dan kreatif dalam menerapkan hasil pelatihan untuk membimbing siswanya untuk menggali potensi mereka agar mampu melestarikan budaya dan kearifan local, antara lain Peserta Diseminasi sedang latihan menulis cerpen bahasa Bugis.
Besar Harapan bersama bahwa kegiatan ini akan mampu mempertahankan prestasi Juara umum yang telah diraih Kabupaten Pinrang pada perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2022 lalu, oleh karena itu dukungan penuh dan dan kerjasama yang solid sangat dibutuhkan dalam kegiatan ini mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, hingga kabupaten sampai kita bisa kembali menembus tingkat Nasional. Tutup Muzakkir penuh harap.
Turut hadir Kabid PTK Hasrijal, S.Pd, M.Pd, dan Kasi PTK Andi Delyana Suyuti, M.si, dan Andi Harisuddin Koordinator Guru Master angkatan 1 dan 2, turut memberikan motivasi.
Perlu di ketahui bahwa para guru master angkatan 1 terdiri dari 4 orang dan guru master angkatan ke 2 terdiri dari 7 orang dan angkatan ke 3 terdiri dari 11 orang (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here