SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Inovasi birokrasi yang memudahkan pelayanan masyarakat kini menjadi budaya di lingkungan Pemerintah Kota Parepare. (12/9/2020).

Inovasi yang mengikuti tren kemajuan teknologi informasi komunikasi terkini.

Motor yang menginisiasi budaya birokrasi itu adalah H Iwan Asaad AP MSi. Iwan Asaad adalah sosok birokrat yang saat ini menjabat Sekretaris Daerah Kota Parepare.

Dia resmi menjadi Sekda Kota Parepare terhitung 22 Oktober 2018, di usianya yang baru menginjak 45 tahun. Iwan kelahiran 4 April 1973.

Usianya boleh muda saat menapaki jabatan karier tertinggi di pemerintahan, namun dia kenyang pengalaman, matang dan sudah melalui berbagai tantangan di beberapa jabatan yang pernah didudukinya.

Pada setiap jabatan yang dia duduki selalu lahir inovasi yang lebih memudahkan pelayanan. Salah satunya saat menjabat Kepala Dinas Kominfo Kota Parepare. Iwan membuat terobosan sistem persuratan elektronik.

“Dengan persuratan elektronik ini, tidak ada lagi bentuk disposisi dan pembuatan surat secara manual. Semuanya dengan sistem persuratan berbasis email resmi pemerintah. Dengan demikian masyarakat dapat terlayani dengan cepat tanpa alasan pejabat yang menangani tidak berada di tempat,” ungkap Iwan. Sistem sama dilanjutkan Iwan saat dia menjabat Kepala Bappeda Parepare hingga menjadi Penjabat Sekda Kota Parepare.

Iwan juga menginisiasi beberapa program implementasi penerapan E-Government. Di antaranya program pelayanan PPID online. Dengan pelayanan ini masyarakat cukup bermohon secara daring untuk permintaan dokumen dan mendapatkan informasi melalui laman resmi Pemerintah Daerah.

Iwan juga mempelopori program pelatihan pemasaran online bagi pelaku UMKM dengan memanfaatkan internet dalam memasarkan produknya.

Iwan pun berani membuat terobosan mengganti apel pagi dengan coffee morning. Terobosan ini dimaksud untuk membentuk budaya positif di kalangan ASN Pemkot Parepare.

Iwan menilai apel pagi hanya satu arah lalu lintas informasinya, sementara coffee morning memberikan ruang yang besar kepada bawahan untuk menyampaikan permasalahan yang mereka hadapi terkait tugas pokok dan fungsinya.

Tidak cukup sampai di situ, Iwan juga selalu mendorong para ASN Pemkot Parepare untuk berjiwa entrepreneurship. Itu melalui peningkatan kompetensi birokrat dan mewujudkan budaya birokrasi yang inovatif.

“Saya terus berupaya menjadikan pola pikir segenap aparatur pemerintahan yang efektif, efisien dan sistematis. Birokrat yang inovatif harus menjadi budaya dalam pemerintahan,” tegas Iwan. Karena menurut Iwan, dengan budaya birokrasi inovatif akan menciptakan pelayanan prima di pemerintahan. (adv / smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here