SmartNewsCelebes.Com,Parepare – Mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran 1440 Hijriah, PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Makassar menyiapkan program khusus yaitu ‘Musik Ramadan’ (Mudik Asyik Aman dan Nyaman), di wilayah kerjanya.

Untuk Kota Makassar, disiapkan dua armada KM Dharma Rucitra VII, dengan tujuan Makassar-Surabaya, dan KM Kirana IX, tujuan Makassar-Surabaya via Batulicin. Sementara untuk Kota Parepare disiapkan armada KM Kirana dengan tujuan Parepare-Balikpapan.

Manajer PT DLU Cabang Makassar dan Parepare, Budiono menjelaskan, untuk wilayah Parepare, KM Kirana miliki tiga jadwal pemberangkatan setiap pekan, yaitu Hari Senin, Kamis dan Sabtu. Berangkat dari Pelabuhan Nusantara menuju Pelabuhan Semayang Balikpapan.

“Penambahan jadwal ini agar memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan arus mudik atau balik pada Lebaran 2019 Masehi,” ucapnya.

Menurut Budi, PT DLU telah melakukan penambahan kapasitas angkut penumpang hingga 35 persen, dimana diimbangi dengan penambahan alat keselamatan diatas kapal.

“Jadi kapasitas angkut kapal saat ini mencapai 1.500 penumpang ditambah kendaraan roda dua dan roda empat. Alat-alat keselamatan di atas kapal telah dilakukan pemeriksaan secara internal dan dari Kementerian Perhubungan, agar dapat berfungsi dengan baik,” katanya.

Wakil Manajer Cabang PT DLU Parepare, Wawan mengatakan, jasa angkutan laut merupakan alternatif baik untuk mudik.

Karena itu, PT DLU telah mengatur tarif angkutan lautnya secara progresif, tujuannya meratakan arus penumpang agar tidak bertumpuk pada satu jadwal.

“Selain itu, agar dapat memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang dan pemudik. Pemesanan dan pembelian tiket PT DLU juga dapat dilakukan secara online atau E- ticket. Sehingga calon penumpang tidak repot lagi untuk membeli di loket, cukup menggunakan aplikasi DLU Ferry di android yang gratis didonwload melalui Google Play di android masing-masing,” beber Wawan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here