SmartNewsCelebes.Com, Jakarta – Tanpa disadari, makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat memicu berkembangnya penyakit kanker. Penyakit kanker nan mematikan itu muncul lantaran adanya perkembangan sel yang menjadi ganas. 

Perubahan sel itu banyak dikaitkan dengan beberapa hal seperti paparan karsinogen, radiasi, obesitas, peradangan, hingga virus.

Selain itu, beberapa makanan olahan tertentu juga dikaitkan dengan kanker. Mengonsumsi makanan ini dapat memicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Berikut lima makanan sehari-hari yang dapat menyebabkan kanker.

1. Popcorn
Popcorn terutama yang dibuat melalui proses pemanasan di microwave mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat mendapatkan asam perfluorooctanoic di dalam popcorn yang bersifat karsinogenik.

Dikutip dari Breast Cancer Charities, beberapa studi juga mengaitkan senyawa dalam makanan olahan jagung ini dapat menyebabkan tumor.

2. Olahan daging merah
Sosis dan hot dog terdengar menggugah selera. Namun, olahan daging merah ini mengandung senyawa karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, pemanggangan juga dapat mengubah struktur kimia daging merah yang dapat memicu penyakit kronis ini.

Mengonsumsi olahan daging merah banyak dikaitkan dengan risiko kanker usus.

3. Makanan kaleng
Dikutip dari The Truth About Cancer, makanan kaleng mayoritas mengandung senyawa bisphenol-A (BPA) yang terbukti dapat mengembangkan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, BPA dapat mengubah sel otak pada tikus.

BPA ini juga banyak banyak digunakan sebagai senyawa untuk produksi plastik, kertas, dan saluran air.

4. Tepung rafinasi
Tepung merupakan salah satu bahan paling umum dalam banyak makanan olahan seperti kue, roti, dan aneka gorengan. Namun, kandungan karbohidrat dalam tepung ini sulit diolah tubuh dan dapat berkembang menjadi sel kanker.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology menemukan, konsumsi rutin karbohidrat olahan ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita.

5. Gula rafinasi
Sama seperti tepung, gula rafinasi ini juga memicu pertumbuhan sel kanker. Pemanis terbukti membuat proses metabolisme sel berjalan agresif. Gula jenis ini dapat membuat produksi insulin melonjak dan menjadi sasaran empuk bagi pertumbuhan kanker. (cnn/smart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here