SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare terus berbenah dalam peningkatan pelayanan di bidang kesehatan.

Kali ini, menyatakan kesiapannya dalam melakukan operasi otak dengan sistem canggih, melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau.

Dokter ahli bedah RSUD Andi Makkassau, dr. Ibrahim Kasim mengatakan, kerusakan atau perubahan fungsi pada otak membutuhkan prosedur pembedahan. Karena itu, mesti ada alat canggih untuk pasien yang mengalami pendarahan otak, dan Parepare telah memiliki metode itu.

“Operasi pembedahan otak sudah bisa dilakukan di RS Andi Makkasau, pasien tidak perlu lagi dirujuk ke Makassar. Kita sudah siapkan alat canggih, didukung CT Scan,” kata dia. Kamis (21/3/2019).

Dia mengatakan, proses operasi pembedahan otak dusebut Craniotomi atau trepanasi. Dimana merupakan proses pembedahan otak yang dilakukan dengan membuka tulang tengkorak untuk memperbaiki gangguan yang terjadi.

“Sistem kerjanya menggunakan alat semacam bor yang sudah canggih, artinya bor itu akan berhenti otomatis ketika mengenai organ vital otak,” ucap dia.

Operasi pendarahan otak yang terjadi kata dr. Ibrahim diantaranya, jika pasien mengalami Epydural Hematoma dan kerusakan atau patah pada tulang tengkorak.

“Epydural Hermatoma adalah penggumpalan darah yang terjadi diotak dan tengkorak kepala, dan tulang tengkorak yang mengalami kerusakan ketika mengalami kecelakaan kendaraan bermotor atau terjatuh dari ketinggian,” bebernya.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe berkomitmen menjadikan Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap. Dimana mengedepankan tiga pelayanan dasar.
Diantaranya pelayanan pendidikan, pariwisata dan pelayanan kesehatan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here