SmartNewsCelebes.Com – Anak dengan karakter baik datang dari bimbingan orang tua yang baik pula. Inilah alasan mengapa pendidikan juga penting bagi orang tua.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengatakan selama ini kita hanya terfokus pada pendidikan anak.

“Selama ini hanya fokus pada pendidikan anak, jangan pernah lupa bahwa pendidikan untuk orangtua juga tidak kalah penting. Sebab dari orangtua inilah akan lahir generasi terbaik di masa mendatang,” kata Menteri Lukman dalam Sarasehan dan FGD Ketahanan Keluarga.

Lanjut kata dia, orangtua tidak pernah mendapat pendidikan yang memadai untuk berada pada posisinya saat ini. Kebanyakan dari mereka ‘terjun bebas’ menjadi orangtua secara alami tanpa pemahaman mendasar serta kemampuan berkeluarga.

“Apa dan bagaimana untuk menjadi orangtua tidak pernah diajarkan. bahkan belum ada proses terstruktur dan sistematis untuk menyiapkan seseorang menjadi orangtua. Padahal seharusnya saat memasuki jenjang rumah tangga tidak bisa begitu saja. Harus ada persiapan dan pemahaman yang cukup. Hal tersebut juga untuk meminimalisir persoalan rumah tangga, seperti kasus perceraian dan KDRT yang semakin tinggi. Generasi muda kita ini harus disiapkan jadi orangtua,” terang dia.

Maka dari itu, lanjut dia, desain pendidikan pranikah serta bimbingan perkawinan sangat penting untuk diterapkan. Paling tidak, hal tersebut dilakukan di keluarga sebagai satuan unsur terkecil dalam masyarakat (pjk/smart).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here