SmartNewsCelebes.Com, Strok merupakan penyakit mamatikan dan atau menyababkabkan cacat. Penyakit ini muncul karena gangguan pembuluh darah otak.

Kondisi ini menghambat aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke jaringan otak. Apabila aliran darah terganggu, baik karena sumbatan maupun pecahnya pembuluh darah otak, jaringan otak akan mengalami kekurangan oksigen dan nutrisi

Pada dasarnya, strok dapat disebabkan oleh berbagai faktor risiko, yang sebenarnya dapat dicegah.

Beberapa faktor risiko strok yang dapat dicegah, antara lain obesitas, kurang olahraga, mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, merokok, memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Meskipun sebenarnya faktor risiko stroke dapat dicegah, tetapi data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan peningkatan penderita strok.

Pada tahun 2007, angka kejadian strok mencapai 8,3% per seribu penduduk. Angka ini terus meningkat pada tahun 2013 menjadi 12,1% per seribu penduduk.

Melihat fatalnya strok pada fungsi tubuh, sangat penting untuk mengenali gejala serta melakukan pencegahan sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, berolahraga rutin, menjauhi rokok dan membatasi alkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan kolesterol, diabetes, dan tekanan darah secara teratur.(rs/rh/klikdokter/smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here