SMARTNEWSCELEBES.COM, PINRANG – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Pinrang kembali menggelar rapat koordinasi bulanan guna membahas pengembangan pendidikan di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pertemuan ini berlangsung di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, Kamis (3/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pinrang, Andi Matjtja, S.Sos, yang didampingi oleh Ketua MKKS Pinrang, Dalle, S.Pd, M.Si, bersama Sekretaris Samsir, S.Pd, M.Pd. Pertemuan juga dipandu oleh Suardi, S.Pd, M.Pd, serta dihadiri oleh pengurus dan anggota MKKS se-Kabupaten Pinrang.

Dalam kesempatan tersebut, Samsir, S.Pd, M.Pd, mewakili Ketua MKKS, Dalle, S.Pd, M.Si, menyampaikan beberapa poin penting yang dibahas dalam rapat, termasuk perubahan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) menjadi Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP). KSP ini menjadi acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan dan disusun dengan memperhatikan karakteristik serta kebutuhan peserta didik dan lingkungan pendidikan.

“KSP dikembangkan berdasarkan struktur kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah dan prinsip-prinsip seperti berpusat pada peserta didik, kontekstual, esensial, dan akuntabel, serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan,” ujar Samsir dalam penjelasannya.

Selain itu, juga dibahas mengenai sekolah inklusi, di mana sistem ini memberikan kesempatan bagi peserta didik dengan kebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan peserta didik umum dalam satu lingkungan pendidikan. Hal ini mencakup peserta didik yang memiliki kelainan atau potensi kecerdasan serta bakat istimewa.

Di samping itu, MKKS merencanakan pelaksanaan sosialisasi dengan menghadirkan Kanit Polres Pinrang guna memberikan pemahaman lebih lanjut terkait berbagai kebijakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Andi Matjtja, S.Sos, dalam arahannya, berharap agar kegiatan MKKS dapat terus mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan kekompakan di antara para kepala sekolah.

“Kami juga akan melaksanakan sosialisasi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan menghadirkan perwakilan honorer dari setiap kecamatan sebagai bagian dari sosialisasi ini,” jelas Andi Matjtja.

Pertemuan MKKS SMP Kabupaten Pinrang ini ditutup dengan acara makan siang bersama antara Kadis Pendidikan dan Kebudayaan serta seluruh kepala sekolah SMP dan Mts se-Kabupaten Pinrang. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here