SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih, diselenggarakan dalam momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Kegiatan dengan tema Indonesia bersih melalui kelola sampah hidup bersih sehat dan bernilai, itu dilaksanakan di Auditorium Soedjarwo, Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kamis (21/2/2019).

Sejumlah Kepala Daerah hadir dalam kegiatan tersebut termasuk Walikota Parepare HM Taufan Pawe.

Dalam kesempatan ini, Menteri lingkungan hidup dan kehutanan, DR. Ir. Sitti Nurbaya Bakar, memberikan arahan menyangkut kebijakan strategis sektoral tentang sampah dan program inovasi rencana kerja yang sesuai peraturan pemerintah dan instruksi presiden dan kebijakan keuangan.

Menyikapi tentang program Kementrian, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe mengaku telah menindaklanjuti perihal program Nasional itu.

“Salah satu kebijakan kami yakni pengurangan penggunaan sampah plastik. Ya, kita mulai dari pelaksanaan coffee morning dan rapat rapat, kami sudah tidak menyediakan air kemasan botol atau gelas plastik. Kita ganti dengan gelas kaca,” terang Taufan Pawe.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Parepare , Syamsuddin Taha, mengungkapkan , pihaknya kini menyusun surat edaran tentang pengurangan sampah plastik.

“Menindaklanjuti dan sesuai dengan perintah Walikota, surat edaran tentang pengurangan penggunaan sampah plastik telah kita susun. Dalam waktu dekat ini, ditujukan kepada semua instansi pemerintah, BUMD/BUMN, instansi polri dan TNI, instansi vertikal dan swasta,” tutup Syamsuddin Taha. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here