SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Parepare, sebuah kota yang terletak di Sulawesi Selatan, telah menjadi percontohan dalam mengelola sumber daya air secara bijak.
Hal ini tidak lepas dari peran penting Perusahaan Air Minum Tirta Karajae Parepare (PAM Tirta Karajae) dalam memimpin upaya untuk mengajak masyarakatnya menggunakan air dengan bijak.
Inisiatif ini telah mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Wali Kota Parepare dan masyarakat bertajuk Kota peduli tersebut.
Manager Tehnik dan Operasional Perumda Air Minum (PAM) Tirta Karajae Kota Parepare, La Ody mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan air dalam menjalani aktifitas sehari-hari.
Puncak musim kemarau, kata dia, akan diikuti meningkatnya jumlah pemakaian dan kebutuhan air bersih pelanggan.
“Memang kita sekarang sudah di puncak musim kemarau, dan sudah menjadi kebiasaan akan diikuti meningkatnya pemakaian air bersih, kami harapkan pelanggan bijak dan lebih pada hal komsumtif,” kata La Ody.Rabu, (5/10/2023)
Dia mengatakan hingga saat ini ketersediaan air baku dan suply pompa sumur dalam masih aman, begitu pula distribusi air dan permintaan layanan mobil tangki masih dalam kondisi normal.
“Normal, air baku juga, bahkan pompa sumur dalam 2G Laupe sebagai suply Imtek 5 yang layanan meliputi Lapadde masi dalam posisi standby,” ucap La Ody.
La Ody pun optimis ketersediaan air bersih di Parepare masih aman dengan catatan dipakai dengan bijak.
“Jika air baku ini kita pakai secara bijaksana saya rasa kita dapat mengatasi kelangkaan air baku di puncak Kemarau ini,” ungkapnya
Dia menambahkan, adanya kendala teknis pemadaman bergilir oleh PLN ikut menyebabkan terganggunya distribusi Air bersih ke pelanggan.
“Insidentil, Begitu aliran listrik normal, mesin pompa akan otomatis on kembali dan distribusi air normal,” tandasnya.
Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan, PAM Tirta Karajae Parepare adalah penyedia air minum yang telah melayani warga Parepare dengan baik selama bertahun-tahun.
Menurut Taufan Pawe, PAM Tirta Karajae bukan hanya penyedia air, tetapi juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa sumber daya air yang mereka miliki dikelola dengan baik demi keberlangsungan lingkungan dan kepentingan masyarakat.
“PAM Tirta Karajae Parepare telah aktif mengkampanyekan budaya bijak menggunakan air kepada masyarakat. Mereka menyadari bahwa air adalah sumber daya yang sangat berharga, terutama di daerah yang rentan terhadap musim kemarau. Kami apresiasi tinggi terhadap upaya PAM Tirta Karajae,” terangnya.
Taufan Pawe mengatakan pentingnya menjaga ketersediaan air bersih sebagai fondasi pembangunan yang berkelanjutan.
Taufan Pawe mengungkapkan responsifnya PAM Tirta Karajae terhadap tantangan lingkungan, seperti perubahan iklim dan kelangkaan air, merupakan contoh nyata bagaimana perusahaan plat merah tersebut dan pemerintah kota dapat bekerja sama untuk menciptakan perubahan positif. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here