SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Lapas IIA Parepare bekerja sama Brimob Batalyon Pelopor B Kota Parepare, menggelar kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) Pegawai. Kegiatan digelar di Mako Kompi 1 Yon Brimob Kota Parepare, Selasa (20/6/2023).
Kepala Divisi Pemasyarakatan mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Suprapto membuka kegiatan tersebut.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Komandan Batalyon Pelopor B Brimob Parepare, Kompol. Ramli, beserta para instruktur kegiatan dari Batalyon Pelopor B Brimob Parepare.
Kegiatan diikuti seluruh pejabat struktural eselon IV dan V, pejabat fungsional umum, san tertentu lainnya serta Komandan Regu pengamanan beserta jajarannya. Adapun tema kegiatan ini yakni “Wujudkan ASN Yang Pasti Berakhlak, Profesional dan Integritas”.
Pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan Rencana Penarikan Dana (RPD) yang telah disesuaikan dengan Dipa Satker Lapas IIA Parepare.
Suprapto mengatakan, kegiatan diikuti oleh 79 orang petugas Lapas IIA Parepare dengan materi kegiatan antara lain latihan baris-berbaris, latihan beladiri praktis Polri, latihan bongkar pasang senjata api, dan latihan menembak mahir tepat sasaran.
“Pembinaan mental kepada pegawai dalam meningkatkan integritas dan kinerja pegawai, tidak dapat dilepaskan karena hal itu bagian dari kebutuhan pegawai itu sendiri dan organisasi,” katanya.
Suprapto menjelaskan, jiwa yang bersih, akan menimbulkan sikap yang tenang dan perbuatan yang serba baik dan benar. Manusia sebagai makhluk individu, kata dia, memiliki unsur jasmani dan rohani.
“Dengan pembinaan mental fisik dan disiplin diharapkan menjadi pegawai yang berintegritas sebagai modal dasar, untuk melakukan setiap kegiatan didalam organisasi, dan menghasilkan kinerja pegawai yang diinginkan oleh pimpinan,” jelasnya.
Suprapto mengungkapkan, kinerja pegawai merupakan suatu hal yang sangat berpengaruh bagi kesuksesan sebuah organisasi, karena performa pegawai yang bagus akan berbanding lurus dengan hasil baik dalam menjalankan tugasnya sebagai Aparatur Sipil Negara yang pasti berakhlak, profesional dan berintegritas tinggi.
“Hasil performa pegawai ini dapat dilihat dari aspek kualitas, kuantitas, waktu kerja, dan kerja sama untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh kementerian. Sinergitas antara aparat penegak hukum lainnya sudah terimplementasi pada kegiatan hari ini. Adanya kerjasama yang baik antara Lapas IIA Parepare dengan Batalyon Pelopor B Brimob Kota Parepare. Walaupun jadwal pelaksanaan kegiatan pembinaan FMD (Fisik Mental Dan Disiplin) pegawai hanya satu hari, diharapkan dapat menguatkan tugas pokok dan fungsi serta memastikan kinerja seluruh pegawai tetap prima,” paparnya.
Sementara, Totok menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa pecaya diri, kerja sama dan disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat. Sehingga, kata dia, dapat memaksimalkan dalam memberikan pelayanan pembinaan dan bimbingan kepada warga binaan pemasyarakatan. Hal itu, sesuai dengan tugas Lapas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga binaan dan masyarakat.
“Kami sengaja memilih tempat pelaksanaan kegiatan ini dilapangan Mako Kompi 1 Yon Brimob Parepare karena berdekatan dengan Lapas IIA Parepare.
Hasiil kegiatan Menembak Mahir Tepat Sasaran Petugas Lapas IIA Parepare skor tertinggi yaitu Aditya Sulaiman nilai 44, Marwati nilai 43, dan Gilang Muhammad, 42. Ketiganya diberikan piagam menembak tepat sasaran oleh Kepala Lapas IIA Parepare.
Dalam kesempatan yang sama, Suprapto menyerahkan Piagam Penghargaan kepada tiga orang petugas sebagai Pegawai Teladan atas nama Ramlah, Asri Nur Rachman dan Maddolangan. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here