SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Dalam rangka pemenuhan dan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berprinsip Hak Asasi Manusia (HAM), Lapas Kelas IIA Parepare gandeng SLB Negeri Parepare.
Kepala Lapas Kelas IIA Parepare, Totok Budiyanto mengatakan, pihaknya merealisasikan hal tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM), melalui kerjasama dengan Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Parepare, Faisal Syarif.
“Adapun, rencana kerja sama ini dalam rangka mengakomodir hak-hak penyandang disabilitas, baik sebagai pengguna layanan dalam hal ini masyarakat maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas IIA Parepare,” katanya, Rabu (14/6/2023).
Totok menjelaskan, kerja sama ini akan segera dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama terkait penyediaan layanan, bagi penyandang disbilitas berupa pendampingan, pelatihan dan juru bahasa isyarat-isyarat bagi petugas Lapas IIA Parepare.
“Mereka (penyandang disabilitas) memiliki hak yang sama dengan WBP lainnya, sehingg kami sangat memperhatikan mereka yang terkadang belum mendapat tempat dimasyarakat. Kehadirannya masih dipandang sebelah mata, dengan keterbatasan yang dimiliki, yang membuat mereka dianggap sebagai kelompok yang lemah, tidak berdaya dan hanya perlu mendapatkan belas kasihan. Hak-hak mereka sebagai manusia seringkali diabaikan. Mulai dari hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga hak kemudahan mengakses fasilitas umum. Padahal mereka juga memiliki hak yang sama seusai amanah dalam Undang-undang Dasar,” paparnya.
Totok menerangkan, sebagai wujud pembangunan Zona Integritas menuju WBK Kepala Lapas IIA Parepare besarta jajaran terus memaksimalkan pelayanan yang terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat.
“Kami bangga sekaligus bahagia bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan pemasyarakatan dan masyarakat,” ujarnya.
Sementara, Faisal mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah cepat Kepala Lapas IIA Parepare dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan WBP khususnya bagi penyandang disabilitas.
“Jadi, memang penyandang disabilitas ini memerlukan perlakuan dan pelayanan khusus dalam hal ini pelayanan yang ramah termasuk pada penyediaan sarana dan prasarana. Mereka berkebutuhan khusus, memang harus diperhatikan. Alhamdulillah Lapas Kelas IIA Parepare merespons dengan baik dan cepat, kami sangat mengapresiasi,” tandasnya. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here