SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Stok minyak goreng bersubsidi bermerek Minyakita di pasaran, dalam beberapa pekan terakhir ini mengalami kelangkaan. Meskipun ada, harganya melonjak dari sebelumnya.
Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare akan menyediakan stock minyak goreng bersubsidi sebanyak 20 ribu liter.
Hal itu disampaikan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, saat melakukan pemantauan di Pasar Semi Modern Lakessi Parepare, beserta sejumlah jajarannya dan pihak Bulog, untuk menyikapi adanya informasi sulitnya warga memperoleh minyak goreng di pasaran.
“Saya hadir di sini (Pasar Lakessi), beserta jajaran saya dan Bulog, untuk melakukan pemantauan. Saya membawa isu nasional, adalah ketersediaan Minyakita.Ternyata, tidak bisa dipungkiri Minyakita itu hilang dari pasaran,” ucap Taufan, saat diwawancarai sejumlah wartawan, Jum’at (27/2/2023) pagi.
Dari hasil pantauan ini, kata Taufan Pawe, bisa disimpulkan bahwa masyarakat sangat kesulitan untuk membeli minyak goreng premium dengan terjadinya kelangkaan Minyakita ini, karena selisih harganya yang cukup tinggi.
“Selisihnya itu tujuh sampai sembilan ribu rupiah, olehnya itu saya berkoordinasi dengan Bulog, mudah-mudahan stock Minyakita ini pekan depan sudah ada di Kota Parepare, yang diperkirakan 20 ribu liter,” jelasnya.
Akan tetapi, lanjut Wali Kota Parepare dua periode ini, stock Minyakita sebanyak 20 ribu liter tersebut, akan dialokasikan untuk persiapan bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri.
“Jadi Insya Allah, pemerintah kota dengan pihak Bulog akan duduk bersama untuk melakukan pemetaan atau mapping pembagian-pembagian Minyakita ini,” imbuhnya.
Seperti diketahui, pemerintah pusat telah membatasi penjualan minyak goreng rakyat maksimal 10 kg dari pengecer ke konsumen. Minyak goreng rakyat ini, adalah minyak goreng kemasan sederhana merek pemerintah, yakni Minyakita.
Hal ini mengacu pada Surat Edaran Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), yang ditetapkan pada 6 Februari 2023 yang lalu. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here