SMARTNEWSCELEBES.COM – Everton bungkam Arsenal di Goodison Park pada laga pekan ke-22 Liga Inggris 2022/23, Sabtu (4/2) malam WIB.
Pada pertandingan debut Sean Dyche sebagai manajer Everton itu, kubu tuan rumah meraih kemenangan berkat gol James Tarkowski pada menit ke-60.
Bagi Everton, ini merupakan kemenangan pertama mereka di Liga Inggris dalam tiga bulan terakhir, dikutip Pojoksatu.id dari Squawka.
“Everton memenangi pertandingan Premier League untuk pertama kalinya sejak 22 Oktober 2022,” suitan Squawka.
“Sean Dyche mengakhiri penantian 105 hari pada laga debutnya sebagai manajer Everton,” tutup cuitan tersebut.
Sementara Opta mencatat bahwa Sean Dyche menjadi manajer kedua sepanjang sejarah Liga Inggris yang mengalahkan pemuncak klasemen pada laga debutnya.
Sosok pertama yang melakukan hal ini adalah Alan Curbishley ketika membawa West Ham mengalahkan Manchester United pada Desember 2006.
Kemenangan Everton atas Arsenal ini memang cukup mengejutkan. Terutama karena dalam beberapa bulan terakhir Everton tampil sangat buruk.
Menariknya, sepanjang jendela transfer Januari lalu, The Toffees menjadi satu-satunya tim Premier League yang tidak merekrut pemain baru.
Tapi mereka mendatangkan mantan pelatih Burnley Sean Dyche yang menggantikan Frank Lampard yang dipecat pada pertengahan Januari lalu.
Kehadiran Sean Dyche langsung memberikan dampak dengan kemenangan atas anak asuh Mikel Arteta.
Bagi Arsenal sendiri, ini adalah kekalahan pertamanya di Liga Inggris sejak September 2022 atau yang kedua di kompetisi tersebut sejauh musim ini.
Menurut Squawka, Goodison Park menjadi tempat yang angker bagi Mikel Arteta. Sebab sejak jadi manajer Arsenal, anak asuhnya selalu kalah di markas Everton itu.
Yah, sejauh Arteta jadi bos The Gunners, sudah tiga kali tandang ke Goodison Park dan hasilnya selalu tumbang.
Kemenangan ini sendiri membawa Everton untuk sementara keluar dari zona degradasi, naik ke peringkat 16 dengan 18 poin.
Adapun Arsenal, meski kalah tetap berada di puncak klasemen Liga Inggris dengan 50 poin dari 20 laga.
The Gunners masih unggul lima poin dari Manchester City yang baru bertanding lawan Tottenham Hotspur, Minggu malam.
Sumber: (medil/pjs/smrt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here