SMARTNEWSCELEBES.COM – Ada 5 negara yang remehkan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Satu di antaranya merupakan musuh bebuyutan Timnas Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia kembali mentas di Piala Asia 2023, setelah kali terakhir berlaga di turnamen bergengsi se-Asia itu pada 2007. Kembalinya Timnas Indonesia cukup mengejutkan, mengingat skuad Garuda (julukan Timnas Indonesia) sempat diragukan untuk lolos di babak kualifikasi.

Akan tetapi, tim besutan Shin Tae-yong itu memberi bukti nyata, mereka layak lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Kendati sanggup membuktikan diri, Timnas Indonesia masih diremehkan oleh sejumlah negara, terutama di kawasan Asia. Lantas, siapa saja negara yang anggap remeh Timnas Indonesia itu?

Berikut 5 negara yang remehkan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023:

5. Qatar

5 negara yang remehkan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 dimulai dari Qatar. Ya, negara tuan rumah Piala Dunia 2022 ini dianggap remehkan Timnas Indonesia, karena meragukan skuad Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Hal itu diketahui dalam satu laporan media asal Qatar, Doha News, yang sempat memuat berita soal lolosnya Timnas Indonesia. Dalam laporan mereka ketika itu, Doha News menyayangkan Kuwait, yang satu grup dengan Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia 2023, gagal kalahkan skuad Garuda, hingga tak berhasil tembus Piala Asia 2023.

“Kegagalan Kuwait lolos ke Piala Dunia 2022 sudah diprediksi. Tapi, gagal lolos ke Piala Asia 2023, terutama kalah di kandang sendiri dari Indonesia sangat mengecewakan,” tulis Doha News dalam satu beritanya.

4. Kuwait

Masih berkaitan dengan Qatar, Kuwait juga masuk negara yang anggap remeh Timnas Indonesia. Itu terjadi ketika Kuwait berjumpa Timnas Indonesia di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

Di atas kertas Kuwait cukup diunggulkan, karena mereka bermain di kandang sendiri. Hal itu ternyata membuat Kuwai lengah hingga mereka mengalami kekalahan 1-2 dari Timnas Indonesia!

Buruknya lagi, Kuwait gagal lolos dari Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebab mereka hanya finis ketiga di bawah Timnas Indonesia, usai dihajar 0-3 oleh Yordania di laga pamungkas, meski sempat menang 4-1 atas Nepal.

3. Thailand

Selanjutnya, ada Thailand yang disebut meremehkan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Untuk diketahui, sebelum Piala Asia 2023 bergulir, tim-tim di Asia Tenggara lebih dulu berlaga di Piala AFF 2022.

Di ajang Piala AFF 2022 inilah Thailand dianggap remehkan Timnas Indonesia. Bagaimana tidak, Thailand berangkat ke Piala AFF 2022, tanpa diperkuat dua bintangnya, Chanathip Songkrasin dan Supachok Sarachat, yang memang tak diizinkan oleh klub mereka.

Di lain hal, pelatih Thailand, Alexandre Polking juga sempat menyinggung jika Vietnam merupakan tim paling kompetitif di Piala AFF 2022. Ucapan itu seakan meremehkan Timnas Indonesia, yang juga berlaga di Piala AFF 2022.

“Vietnam punya pemain yang kompetitif dan kuat. Mereka bukan hanya yang tim nomor satu di kawasan,” ucap Alexandre Poling dilansir dari Thanien VN.

2. Vietnam

Selanjutnya, ada Vietnam, yang dianggap meremehkan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023. Dibilang meremehkan karena media Vietnam seperti memojokkan Timnas Indonesia, yang baru-baru ini tak diundang berlaga di Piala Merdeka 2023.

Pasalnya, media Vietnam sampai memuat berita soal alasan-alasan Malaysia, sebagai tuan rumah Piala Merdeka 2023, yang wajar jika tak mengundangnya ke Piala Merdeka 2023. Di lain hal, media Vietnam juga acap kali melontarkan narasi negatif soal Timnas Indonesia.

1. Malaysia

Di posisi pertama negara yang remehkan Timnas Indonesia ada Malaysia. Ya, rivalitas Timnas Indonesia dan Malaysia memang kerap panas, ketika kedua tim berjumpa di sejumlah kompetisi.

Terbaru, Malaysia tak mengudang Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Merdeka 2023. Hal itu membuat Malaysia seakan meremehkan kualitas Timnas Indonesia.

Terlebih, Malaysia beralasan mengundang tim yang berlaga di Piala Merdeka 2023 karena sudah memenuhi standar level Asia. Dengan tidak diundangnya Timnas Indonesia, secara tidak langsung Malaysia menganggap skuad Garuda tak ada di level Asia.

Sumber (okezone)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here