SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Kepala Kepolisian (Resor) Polres Parepare AKBP Andiko Wicaksono menghadiri tradisi adat komunitas Towani Tolotang di Kelurahan Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Minggu (08/01/2023)
Kegiatan yang dilangsungkan tiap awal tahun tersebut dijadikan sebagai ajang silaturrahmi seluruh penganut komunitas Towani Tolotang dan merupakan bentuk rasa syukur Komunitas Hindu Towani Tolotang kepada Tuhan Yang Maha Esa (Puang Sewae).
Terlihat pada kegiatan tersebut Peserta berasal dari berbagai penjuru Sidrap maupun luar Sidrap kurang lebih seribu orang dari wilayah di Sulawesi Selatan yang berasal dari Wajo, Parepare.
Mereka terlihat ceria dan gembira berjalan secara berbondong–bondong dari tempat tinggal mereka menuju lokasi tempat berlangsungnya acara.
Dalam acara tersebut para tamu undangan dihidangkan dengan berbagai macam makanan tradisional. Selain itu, acara puncaknya adalah “massempe” yakni pertarungan yang dilakukan oleh anak laki-laki dalam bentuk sepakan kaki dan didampingi oleh orang yang telah dituakan.
Massempe’ ini merupakan kegiatan tradisi baku tending, atau adu kekuatan kaki, yang biasanya dilakukan oleh dua orang pria untuk menjatuhkan lawan, namun tidak diperbolehkan menggunakan tangan.
“Indonesia itu kaya akan budaya yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, seperti yang kita lihat tadi adat ‘komunitas Towani Tolotang masih kental, dimana kita semua merupakan satu keluarga yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama,” singkat Kapolres Parepare AKBP Andiko Wicaksono.
Hadir dalam kegiatan tersebut, Karo Sdm Polda Sulsel Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana, Bupati Sidrap Ir. H. Dollah Mando, Kapolres Sidrap AKP Erwin Syah,S.I.K., Dandim 1420 Sidrap Letkol. Inf. Andika Ari Prihantoro, S. H,M. I. Pol, Dandim 1405 Parepare, Letnan Kolonel Kav Agung Wirakusuma Eka Putra, S.E. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here