SMARTNEWSCELEBES.COM, PAREPARE – Musyawarah Wilayah (Muswil) VI Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Sulawesi Selatan sukses digelar di Kota Parepare pada Sabtu dan Minggu, 26-27 November 2022.
Ini kali pertama Parepare menjadi tuan rumah kegiatan Muswil ICMI Sulsel, dan dihadiri langsung Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat, Ilham Akbar Habibie, serta beberapa pengurus ICMI Pusat di antaranya Dr Hj Andi Yuliani Paris pada pembukaan di Gedung Islamic Centre Parepare, Sabtu malam, 26 November 2022.
Dari ICMI Sulsel, hadir Ketua ICMI Orwil Sulsel, Prof Dr Arismunandar beserta jajaran pengurusnya.
Muswil lebih terasa spesial dengan hadirnya beberapa kepala daerah di Sulsel di antaranya Bupati Wajo, Amran Mahmud yang merupakan Ketua ICMI Orda Wajo, Wakil Wali Kota Palopo, Rahmat Masri Bandaso, dan beberapa pejabat daerah lainnya.
Dari jajaran ICMI Parepare, hadir lengkap Ketua ICMI Orda Parepare, Dr H Mahsyar Idris, Sekretaris Dr Ir Muh Nashir T MT, dan para pengurus ICMI Parepare.
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe pun hadir lengkap bersama jajaran Pemkot Parepare di antaranya Sekda H Iwan Asaad, Asisten, dan para Kepala SKPD.
Turut hadir unsur Forkopimda Parepare, para rektor perguruan tinggi di Parepare, di antaranya Rektor Institut Teknologi BJ Habibie (ITH), Prof Dr Ansar Suyuti, para pimpinan organisasi, dan stakeholder lainnya.
Pembukaan Muswil ICMI Sulsel turut dirangkai dengan pembukaan event Lovely Habibie Ainun Festival atau Festival Cinta Habibie Ainun. Tema Muswil, Transformasi ICMI Sulsel untuk Interaksi Unggul.
Wali Kota Taufan Pawe dalam sambutannya mengaku bangga dengan dipilihnya Parepare menjadi tuan rumah Muswil ICMI Sulsel. Karena dengan hajatan selevel regional dan nasional akan menambah jumlah telapak kaki yang datang ke Parepare.
“Itulah Teori Telapak Kaki saya,” kata Taufan Pawe (TP).
Wali Kota Parepare dua periode ini mengungkapkan kebanggaannya dengan ICMI, dan sekaligus sosok BJ Habibie, pencetus lahirnya ICMI yang menjadi inspirasi pembangunan Parepare.
Taufan Pawe menekankan, bahwa apapun posisi yang diemban jika dikaitkan dengan ICMI maka dibutuhkan pemikir pemikir cendekiawan cendekiawan dalam frame Keislaman. ICMI tempat berkumpulnya para cendekiawan muslim.
“Tidak gampang apa lagi kita berada di organisasi itu. Pak Habibie menurut saya adalah salah satu di masa orde baru yang melahirkan ICMI sebagai penetral atau penyeimbang dari organisasi organisasi lainnya,” ungkap Taufan Pawe.
Dengan pemikiran dan cinta dari BJ Habibie itulah, Taufan Pawe menegaskan, menjadi sumber inspirasi pembangunan di Parepare.
Taufan Pawe mengungkapkan bahwa pembangunan di Parepare bukan hanya infrastruktur namun juga keumatan. Nilai kecendekiawan para muslim di Parepare dengan pendekatan naskah akademik tidak dia abaikan.
“Kota Parepare dikenal dengan Kota Santri dan Ulama serta jati diri sebagai Kota Cinta Habibie Ainun,” tegas Taufan Pawe.
Di penghujung sambutan, Ketua DPD Partai Golkar Sulsel ini pun mengucapkan selamat bermuswil bagi ICMI Sulsel. Dia berharap terbentuk para pengurus yang betul betul bisa mentransformasi dan bergerak menuju peradaban yang lebih baik dan modern.
Muswil berlanjut hari kedua, Minggu, 27 November, di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. (*smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here