Smartnewscelebes.com – Saat kamu mempunyai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, vitamin dan mineral serta serat yang terkandung dalam buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Terutama, buah yang mengandung kalsium, magnesium, serta kalium adalah buah yang dianjurkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Apa saja?
1. Pisang
Buah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah pisang.
Satu buah pisang ukuran sedang ternyata mengandung 1 persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 12 persen kalium yang kamu butuhkan setiap hari.
Selain untuk menurunkan tekanan darah, pisang juga mampu membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah.
2. Alpukat
Alpukat efektif sebagai penurun darah tinggi. Satu setengah buah alpukat dapat menyediakan 1 persen kalsium, 5 persen magnesium, dan 10 persen kalium yang kamu butuhkan.
Selain kaya akan mineral dan lemak baik tersebut, alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
Buah delima merah mempunyai manfaat yang banyak. Salah satu manfaatnya adalah sebagai buah penurun tekanan darah tinggi. Bahkan, sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini.
Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition.
Penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi jus pomegranate lebih dari satu gelas setiap hari selama 4 minggu berhubungan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.
3.Jeruk
Sebuah studi yang dilaksanakan oleh tim peneliti Cleveland Clinic membuktikan hal tersebut.
Sebanyak 25 partisipan dengan penyakit jantung mengikuti penelitian ini dan diminta untuk minum minuman berperisa jeruk dengan vitamin C. Tekanan darah mereka mengalami sedikit penurunan. Dua minggu setelahnya, mereka meminum jus jeruk tanpa tambahan vitamin C, dan tekanan darah pun menurun lebih jauh. (hellosehat/smart)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here