SmartNewsCelebes.Com, Parepare – Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan Kota Industri Tanpa Cerobon Asap, khususnya pada bidang kesehatan, yakni dengan memaksimalkan ketersediaan alat-alat kesehatan yang canggih.

Rumah Sakit Tipe B tersebut telah menghadirkan alat canggih untuk menunjang sistem pelayanan kesehatan.

Saat ini, rumah sakit rujukan di wilayah utara Sulsel memiliki puluhan alat cuci darah atau Hemodialisa.

“Saat ini kita di RSUD Andi Makkasau memiliki 28 alat cuci darah atau hemodialisa,” ujar dr Renny Anggraeni Sari, Dirut RSUD Andi Makkasau, Parepare. Sabtu (2/3/2019).

Hemodialisasi sendiri, kata dia, adalah metode pencucian darah dengan membuang cairan berlebih dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh melalui alat dialysis untuk menggantikan fungsi ginjal yang rusak.

Reny menjelaskan, puluhan alat cuci darah ini ditunjang dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di RSUD Andi Makkasau.

“Khusus pasien Hemodialisa, kita memiliki lima dokter spesialis yang menanganinya,” ungkap dia.

Kelima dokter itu katanya telah dibekali pengetahuan khusus di bidang cuci darah ini telah mendapat pelatihan intensif di negera Jepang.

Hal itu lanjut Renny, RSUD Andi Makkasau telah bekerjasama dengan Kaikoukai Medical Foundation dalam peningkatan SDM tenaga medik.

“Ini merupakan buah kerja nyata Pemkot Parepare dengan visi dan misi mewujudkan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap,” ungkapnya.

Selain bidang kesehatan, visi dan misi ini ditunjang pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kepariwisataan. (smartnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here